SOLOPOS.COM - Direktur PDAM Tirta Makmur Sukoharjo, Mat Hasyim. Foto diambil Jumat (16/6/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, melantik Mat Hasyim sebagai Direktur baru Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum atau PDAM Tirta Makmur di Lobi Kantor Bupati Sukoharjo, Jumat (16/6/2023). Bupati Langsung memberi target tinggi kepada mantan Kabag Teknik PDAM Tirta Makmur tersebut.

Target yang dimaksud adalah membawa PDAM meraih penghargaan Perumda Air Minum Bintang 5 dalam Top BUMD Awards 2024. Penghargaan ini pernah diraih PDAM Tirta Makmur pada April 2023 lalu. Mat Hasyim menggantikan Dwi Atmojo Heri yang menjabat sebagai Plt Direktur PDAM Sukoharjo sejak 2022 lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Tahun depan PDAM Tirta Makmur harus mendapat TOP BUMD Bintang 5 lagi. Karena kalau bintang 5 sampai 5 kali Sukoharjo akan dapat bonus ya. Tahun ini kami meraih penghargaan Perumda Air Minum Bintang 5 kali pertama, biasanya bintang 4. Kami harus punya target lagi, ini tugasnya pejabat baru,” ungkap Etik seusai pelantikan.

Ia juga berpesan kepada Hasyim untuk membuat perusahaan pelat merah itu lebih baik dan tertata. Pelayanan publik harus terus ditingkatkan, terutama dalam pemenuhan air bersih. Bupati juga mendorong penambahan sambung rumah (SR) agar keuntungan PDAM bertambah sehingga bisa memberi kontribusi pada meningkatnya pendapatan daerah.

Diwawancara terpisah, Mat Hasyim mengaku jabatan baru yang ia emban merupakan amanah yang sangat berat. Ia sudah memiliki sejumlah target yang ingin dicapai. Selain meningkatkan kinerja internal, cakupan layanan juga akan ditambah.

“Harus meningkat pesat ya, biasanya kita kan 3.000 SR, ke depan kami tergetkan per tahunnya nanti mungkin akan menjadi 3.500 atau 4.000 SR. Karena kebetulan  2024 nanti kan ada Sistem Penyediaan Air Minum [SPAM] Regional Wasusokas [proyek penyedian air minum yang direncanakan  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah] nanti kami akan bekerja keras untuk meraih itu,” kata Hasyim.

Hasyim terpilih dari 18 pesaing yang mendaftar dalam proses seleksi Direktur PDAM Tirta Makmur. Pendaftar kebanyakan dari luar Sukoharjo, bahkan ada yang dari Bintan, Kepulauan Riau. “Dari tiga orang yang lolos seleksi administrasi dan tertulis, selain Mat Hasyim, ada satu orang asal Pasuruan dan satu lagi dari Kota Magelang. Kemudian dari hasil wawancara dengan Ibu Bupati terpilihlah Mat Hasyim,” jelas Ketua Panitia Pemilihan Direktur PDAM Tirta Makmur yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya