SOLOPOS.COM - Disdik Solo menambahkan jalur afirmasi di PPDB online 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo menambah kuota untuk keluarga miskin (Gakin) melalui jalur afirmasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Juli 2023 mendatang.

Penambahan ini didasarkan atas data Sistem Informasi Kesejahteraan Elektronik (E-SIK). E-Sik sendiri merupakan himpunan data warga miskin di Solo. Kepala Disdik Kota Solo, Dian Rienata ada prioritas bagi calon peserta didik (CPD) dari kategori sangat miskin (P1), miskin (P2), dan rentan miskin (P3).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kuota [afirmasi] untuk SD kita naik menjadi 50%, hampir semua P1, P2, P3 keterima, artinya hampir semua gakin kita terima. Tentu dengan asumsi kategori P1 dan P2 itu mendekati 55% dari total kuota SD,” kata dia ketika ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (6/6/2023).

Langkah ini dilakukan agar daya serap sekolah-sekolah negeri untuk CPD yang berasal dari Gakin bisa maksimal. “Harapan kami, keluarga-keluarga yang memang tidak mampu itu bisa ikut berpartisipasi dan menyekolahkan anaknya sesuai dengan kebutuhan,” kata dia.

Terpisah, Sekretaris Disdik Kota Solo, Abdul Haris menambahkan pihaknya sudah mengeloh data Dapodik lulusan TK dan SD dengan data E-SIK Dinsos Kota Solo. 

Hasilnya jumlah lulusan TK yang akan masuk SD dengan kategori P1 sebanyak 759, kategori P2 sebanyak 28, dan kategori P3 sebanyak 2173 CPD.

“Kita sudah mendata, SD itu ketemunya 55% berasal dari gakin, itu jumlah persentase terhadap daya tampung,” jelas dia kepada Solopos.com di kantornya, Selasa.

Sementara jumlah lulusan SD yang akan masuk SMP dengan kategori P1 sebanyak 37, P2 sebanyak 556, dan P3 sebanyak 1594 CPD. Jika ditotal jumlah persentase terhadap daya tampungnya sebanyak 32%.  

Meski begitu, Haris memperkirakan akan ada yang tidak terserap melalui jalur afirmasi. Hal ini, menurut dia, kembali lagi kepada pilihan calon murid untuk bersekolah di negeri atau swasta.

“Nanti mungkin ada yang tidak terserap karena dia tidak mau di sekolah [negeri], permasalahannya kan di situ, maka kadang-kadang dia masuk ke sekolah swasta,” kata dia.

Dia mengatakan pada dasarnya pihaknya memfasilitasi agar gakin terserap secara penuh di sekolah-sekolah negeri. Namun, pilihan kembali ke orang tua dan calon peserta didik.

Saat ini, Disdik Solo menyediakan empat jalur PPDB yakni zonasi yang diprioritaskan untuk siswa dengan domisili terdekat. Lalu perpindahan dengan prioritas untuk orang tua siswa yang harus pindah dari tempat asal ke daerah lain. Selain itu terdapat jalur afirmasi, yang diprioritaskan untuk calon siswa dari gakin. Terakhir, jalur prestasi untuk calon peserta didik yang memiliki 

Persentase daya tampung berdasarkan jalur PPDB 2023 yang ditetapkan oleh Disdik:

TK: Zonasi  (95%); Perpindahan (5%)  

SD: Afirmasi (50%); Zonasi (45%); dan Perpindahan tugas orang tua (5%)

SMP: Afirmasi (35%); Zonasi (50%); Prestasi (10%); dan Perpindahan (5%)

Lini masa PPDB Kota Solo 2023/2024 SD dan SMP jalur afirmasi

Pra Pendaftaran PPDB Online: 12-14 Juni

Verifikasi Offline: 12-14 Juni

Pendaftaran: 13-15 Juni

Sekali ganti pilihan jika tidak diterima: 13 -15 Juni

Pengumuman: 19 Juni

Daftar ulang: 20-21 Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya