SOLOPOS.COM - Tengkleng Bu Edi (JIBI/Solopos/Dok)

Kabar duka, salah satu pembuat makanan khas Solo yakni tengkleng, Bu Ediyem meninggal dunia.

Solopos.com, SOLO–Ratusan orang memadati rumah Ediyem di Yosodipuran RT 003/RW 001, Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Senin (14/12/2015) sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka berbela sungkawa atas meninggal dunianya salah satu tokoh kuliner di Kota Bengawan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ediyem meninggal dunia dalam usia 66 tahun. Dia meninggal setelah menjalani perawatan karena penyakit hipertensi yang dideritanya di Rumah Sakit Dr. Oen Kandangsapi, Senin sekitar pukul 03.45 WIB. Ediyem dimakamkan di Permakaman Purwoloyo pada hari yang sama.

Ediyem atau biasa dikenal dengan Bu Edi merupakan salah satu tokoh kuliner, khususnya kuliner tengkleng di Kota Solo. Bagi Anda pencinta kuliner khas Kota Solo tentu pernah mendengar atau merasakan sajian kuliner tengkleng di Tengkleng Bu Edi atau biasa dikenal Tengkleng Klewer.

Tengkleng racikan Bu Edi ini dianggap sejumlah orang memiliki rasa berbeda dibandingkan tengkleng racikan orang lain. Tak heran sejumlah orang menyebut tengkleng Bu Edi menjadi legenda. Bahkan tak sedikit orang yang rela jauh-jauh ke Solo untuk menikmati tengkleng tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjadi Wali Kota Solo juga menjadi langganannya. Saat pernikahan putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka beberapa waktu lalu juga mendapuk Ediyem untuk menyediakan hidangan tengkleng di acara resepsi tersebut.

Selain itu, sejumlah tokoh nasional juga kerap mengundang Ediyem untuk menyajikan hidangan tengkleng di acara mereka.

Pada saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) open house lebaran juga mengundang Ediyem secara khusus untuk menyajikan menu khas Solo itu.

“Tidak hanya Presiden, sejumlah pejabat pusat sekelas menteri juga banyak yang mengundang ibu untuk menyajikan hidangan tengkleng di acara mereka,” kata Romy, menantu Ediyem.

Romy menyampaikan tengkleng racikan dari Ediyem memang sudah terkenal. Saat ini resep tengkleng Bu Edy sudah diwariskan ke sejumlah ank-anaknya. Sehingga, penikmat tengkleng masih bisa menikmati sajian tersebut. Meski saat ini Ediyem sudah meninggal dunia. Selamat jalan Bu Edy…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya