SOLOPOS.COM - Petugas PT Telkom memperbaiki tiang yang ambruk akibat kabel tersangkut truk di Dukuh/Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Klaten, Jumat (10/2/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Tiang kabel jaringan komunikasi milik PT Telkom di wilayah Dukuh/Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Klaten, ambruk pada Jumat (10/2/2023) pagi. Ruas jalan di sekitar lokasi terpaksa ditutup untuk penanganan dan evakuasi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tiang Telkom yang ambruk itu berada di ruas jalan Ceper atau arah dari Polsek Ceper menuju simpang empat yang mengarah ke Pedan. Arus lalu lintas di sekitar lokasi dialihkan melalui jalan perkampungan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sementara itu, petugas dari PT Telkom memperbaiki tiang yang ambruk dengan mengganti menggunakan tiang batu. Sekitar pukul 10.40 WIB, ruas jalan yang sebelumnya ditutup kembali dibuka setelah tiang baru berdiri dan kabel terpasang.

Salah satu warga Ceper, Klaten, Deni, 38, menjelaskan kabel pada tiang milik PT Telkom yang ambruk itu awalnya tersangkut truk yang melintas sekitar pukul 00.30 WIB. Dia tak mengetahui muatan truk tersebut.

“Truk muatan tinggi. Tidak tahu muatan apa karena ada tambahan terpalnya,” kata Deni saat ditemui Solopos.com di sekitar lokasi, Jumat. Deni menjelaskan awalnya tiang hanya miring.

Baru pada Jumat sekitar pukul 04.00 WIB, kabel yang melintang rendah kembali tersangkut muatan truk hingga tiang itu ambruk. “Tidak ada yang tertimpa,” kata Deni.

Kepala Kantor Telkom Delanggu, Rafi, mengatakan tiang beserta kabel sebenarnya sudah tinggi. Ketinggian tiang sekitar 7 meter. Namun, lantaran muatan truk juga cukup tinggi akhirnya menyangkut kabel.

Proses perbaikan dilakukan dengan penggantian tiang baru. Rafi menjelaskan ada gangguan jaringan Internet di wilayah Ceper lantaran ada kabel terputus. “Sudah ada recovery dan pengamanan dari tim Klaten serta Jogja dan Solo. Targetnya hari ini pukul 14.00 WIB sudah selesai,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya