SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP dan Damkar Klaten mengevakuasi seekor sapi berukuran besar milik warga Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas, yang tercebur ke sungai, Senin (6/3/2023). (Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Petugas Satpol PP dan Damkar Klaten mengevakuasi seekor sapi berukuran besar milik warga Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas yang kabur dari kandang dan terperosok ke sungai, Senin (6/3/2023) siang.

Sapi berhasil diselamatkan dalam kondisi hidup. Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, sapi jenis limosin itu milik Suhadi, warga Dukuh Salamrejo, Desa Tlingsing. Ikatan tali terlepas dari jeratan dan keluar kandang hingga terperosok ke sungai.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kondisi sungai saat itu banyak lumpur hingga membenamkan kaki sapi betina itu. Proses evakuasi dilakukan petugas Damkar selama lebih dari satu jam antara pukul 14.11 WIB hingga 15.24 WIB.

“Proses evakuasi sapi menggunakan katrol dan tali,” kata Kepala Satpol PP dan Damkar Klaten, Joko Hendrawan, melalui Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Kepala Desa Tlingsing, Cawas, Klaten, Sugeng Wiyono, juga menjelaskan sapi terlepas dari jeratan dan kabur keluar kandang sampai ke tepi sungai. Ternak tersebut kemudian terpeleset dan jatuh ke sungai.

“Kondisi bibir sungai curam dan berlumpur. Kaki sapi terbenam sekitar 50 sentimeter,” kata Sugeng. Sebelumnya, warga sudah berupaya mengevakuasi sapi betina tersebut.

Namun, lantaran sapi berukuran besar dan kondisi tepi sungai curam, upaya itu belum membuahkan hasil hingga warga meminta bantuan ke petugas Damkar Klaten.

“Sapi jenisnya betina dan berukuran besar. Berhasil dievakuasi petugas namun kondisinya lemas. Karena sudah tercebur ke sungai sejak pukul 11.00 WIB dan berhasil dievakuasi itu sekitar pukul 15.30 WIB,” kata Sugeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya