SOLOPOS.COM - Anggota Komisi IV DPRD Solo Ekya Sih Hananto. (istimewa)

Solopos.com, SOLO—Ketua PAC PDIP Kecamatan Pasar Kliwon Solo, Ekya Sih Hananto, buka suara terkait adanya puluhan kader dan simpatisan PDIP di wilayahnya yang mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Kalau saya lihat yang hadir itu hanya beberapa. Sebenarnya hanya pendukung salah satu caleg Partai Golkar di Pasar Kliwon. Yang menunjukkan KTA PDIP itu masih berupa kertas, kalau yang baru seperti e KTP,” ujar dia, Kamis (21/12/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ekya menjelaskan kader dan simpatisan yang mendeklarasikan dukungan untuk capres cawapres nomor urut dua sudah beberapa waktu mendukung Caleg Partai Golkar. Sehingga dia menilai mereka bukan lagi kader atau simpatisan PDIP.

“Mereka selama ini memang sudah mendukung Partai Golkar. Jadi sebenarnya bila mengaku simpatisan PDIP ya dia sudah bukan PDIP lagi menurut saya. Toh dari sekian yang datang hanya tiga orang yang membawa, menunjukkan KTA,” urai dia.

Menurut perhitungan Ekya, orang-orang yang mengaku kader dan simpatisan PDIP sudah tiga periode terakhir memilih caleg Partai Golkar.

“Sekali lagi, mereka hampir tiga periode. Sudah bukan PDIP. Kebetulan KTA-nya masih ada,” kata dia.

Disinggung deklarator yang tak menunjukkan KTA, Ekya tidak tahu persis siapa mereka. Tapi dia menduga mereka hanya warga sekitar yang selama ini sudah mendukung caleg Partai Golkar.

Dia juga mengaku tidak kenal. “Mungkin dia hanya mengumpulkan warga sekitar situ saja yang selama ini mendukung salah satu caleg Golkar. Kalau deklarasi mestinya kan semua bisa menunjukkan KTA, dan saya lihat belum pernah kenal di PDIP,” urai dia.

Ekya menyatakan PDIP Pasar Kliwon tetap solid mendekati Pemilu 2024. Sesuai dengan instruksi DPP PDIP, seluruh kader siap memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Target kemenangan dalam satu putaran.

“Kami PDIP Pasar Kliwon solid sesuai instruksi partai akan memenangkan paslon 03 satu putaran. Kami tidak takut. Aksi seperti tadi malam seolah-olah ada oknum-oknum kader atau simpatisan yang mendukung 02,” terang dia.

Disinggung soal KTA PDIP, menurut Ekya, saat ini masih terus berproses. Kader PDIP Pasar Kliwon yang sudah mempunyai KTA baru sudah sekitar 60 persen dari keseluruhan kader. Validasi KTA PDIP kader terus dilakukan.

“Semua struktur partai dan kader semua sudah ber KTA model digital, instruksi partai kami harus ikut zaman, KTA lama diperbarui. Sehingga kelihatan kan kalau KTA masih model lama berarti belum ikut validasi,” tutur dia.

Sebelumnya, puluhan kader dan simpatisan PDIP Pasar Kliwon mendeklarasikan dukungan untuk paslon 02, Rabu (20/12/2023) malam. Sejumlah orang menunjukkan KTA tanda keanggotaan PDIP.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya