SOLOPOS.COM - Bakal Calon Wali Kota Solo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Purwono menyampaikan gagasan saat acara Penyampaian Gagasan Bakal Calon Wali Kota dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo yang digelar di Gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Senin (3/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Kader senior PDIP yang juga bakal Cawali Solo, Purwono, mengusung gagasan Mbangun Kota Sala, Nguwongke Sepadan.

Hal itu dia sampaikan saat acara penyampaian gagasan bakal Cawali-Cawawali Solo gelaran DPC PDIP Solo di Gedung Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), Senin (3/6/2024) malam. Acara dihadiri sekitar 1.500 orang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Purwono menjelaskan mbangun bisa diartikan bekerja atau suatu upaya dengan sungguh-sungguh untuk melayani kepentingan semua warga. Tujuan pembangunan itu untuk mewujudkan Solo lebih maju, berbudaya, bermartabat dan sejahtera.

“Ngguwongke sepadan adalah menghargai sesama manusia yang memiliki perasaan dan pikiran, sesuai fungsi dan perannya, dengan merangkul dan melibatkan semua stakeholder yang ada, untuk bersama berkarya nyata,” ujar dia.

Dengan berkarya nyata bersama-sama, Purwono menjelaskan permasalahan dan tantangan yang ada di Kota Bengawan bisa dijawab dengan baik. Visi Mbangun Kota Sala, Nguwongke Sepadan dijabarkan ke dalam enam langkah.

Enam langkah atau program pembangunan Solo oleh Purwono yakni:
1. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Penyelenggaraan aparatur pemerintah yang berkualitas bersifat entrepreneur, profesional yang mengedepankan good governance, dan clean government dalam pelayanan pada masyarakat
3. Perbaikan mutu dan layanan pendidikan yang lebih baik lagi, serta peningkatan kualitas kesehatan, sehingga harapan hidup lebih baik lagi, guna menyongsong generasi Indonesia Emas 20245
4. Pengembangan ekonomi, pariwisatam dan budaya serta pemberdayaan masyarakat yang lebih banyak menyerap lapangan kerja. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan yang diharapkan bisa menyejahterakan masyarakat
5. Pemerataan dan keseimbangan pembangunan berkelanjutan, serta peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur kebutuhan masyarakat yang selaras dengan pemerintah provinsi dan pusat, dengan membuka kemudahan investasi, peraturan dan perizinan yang tidak berbelit-belit dengan melibatkan wilayah sekitar Solo
6. Bidang olah raga harus ditumbuhkembangkan guna mencetak atlet berprestasi di Solo, dengan lebih memberikan apresiasi dan penghargaan bagi anak yang berprestasi khususnya Gen Z dengan masa depan yang lebih bisa diharapkan melalui jalur prestasi olahraga

Purwono menyatakan akan melibatkan segenap elemen masyarakat Kota Bengawan dalam setiap derap pembangunan yang dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya