SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar akan memproses surat pemberhentian Kepala Desa (Kades) Buntar, Kecamatan Mojogedang, Sumiyati yang meninggal dunia pada Jumat (10/3/2023).

Almarhumah meninggal di usia 48 tahun dengan meninggalkan dua anak dan dua orang cucu. Jenazah dimakamkan di Astanalaya Kepoh Desa Buntar Kecamatan Mojogedang pada Sabtu (11/3/2023) pukul 11.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Prosesi pemakanan dihadiri para kades di Karanganyar dan sejumlah pejabat. Kabid Aparatur Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Anung Dharmawan, mengatakan almarhumah Sumiyati merupakan kades terpilih pada Pilkades Serentak 11 desa pada Rabu (9/11/2022).

Sumiyati dilantik dan diambil sumpah jabatannya bersama 10 kades terpilih lainnya oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Aula Kantor DPUPR Karanganyar, Rabu (28/12/2022).

“Almarhumah baru tiga bulan menjabat kades. Jabatan berakhir 28 Desember 2028,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (12/3/2023).

Anung mengatakan beberapa proses akan dilakukan Pemkab Karanganyar sepeninggal almarhumah. Proses itu di antaranya pemberhentian dari jabatan Kades tersebut.

Proses surat keputusan pemberhentian Kades akan dilakukan berjalan beriringan dengan pengangkatan Penjabat (Pj) Kades Buntar. Pj tersebut diusulkan oleh camat kepada Bupati Karanganyar atas masukan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Kami menunggu usulan dari Camat ke Bupati. Nantinya yang menjadi Pj Kades berasal dari ASN Kecamatan,” jelasnya.

Selanjutnya Pemkab akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) antarwaktu (PAW). Kades antarwaktu ini untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa sebelumnya yang meninggal dunia. Pemilihan Kades PAW dilaksanakan oleh masyarakat desa setempat.

“Nantinya, yang terpilih dalam Pilkades PAW ini secara otomatis akan menyelesaikan sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya,” Katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya