SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video kades dan perangkat desa di Boyolali mendeklarasikan dukungan kepada Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai cagub pada Pilkada Jateng 2024, Senin (10/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Kepala desa (kades) dan perangkat desa se-Kabupaten Boyolali mendeklarasikan dukungan kepada Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, untuk maju sebagai calon gubernur atau cagub Jateng pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal tersebut diungkapkan Kades Banyuanyar, Kecamatan Ampel, yang juga Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Boyolali, Komarudin.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Komarudin mengatakan deklarasi dukungan untuk Luthfi maju sebagai cagub itu digelar pada 17 Mei 2024 di wilayah Banyuanyar. Perwakilan kades dan perangkat desa se-Boyolali turut datang untuk menyatakan dukungan kepada jenderal bintang dua tersebut.

Ia mengatakan kades dan perangkat desa mendukung Ahmad Luthfi untuk maju menjadi cagub Jateng karena adanya sinergitas Kapolda Luthfi dan pemerintah desa se-Jawa Tengah.

“Kapolda sudah sangat familier di mata kades. Beliau juga sederhana, humoris, dan berprestasi untuk Jateng mandali [aman terkendali],” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (11/6/2024).

Alasan lainnya para kades mendukung Luthfi, kata Komarudin, karena Kapolda Jateng itu berprestasi dalam menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Jawa Tengah.

Selain itu, pengalaman Ahmad Luthfi sebagai Kapolresta Solo hingga Kapolda Jateng dan selalu mendampingi Presiden Joko Widodo dianggap luar biasa.

“Sehingga teman-teman kades berinisiatif untuk mendukung beliau selaku pemimpin sederhana, low profile, dan murah senyum. Dalam arti nyaman untuk kami ngobrol,” terang dia.

Sosok Cawabup Pendamping Luthfi

Ia berharap ke depan bakal terjadi sinergitas antara pemerintah desa dengan pemerintahan di atasnya hingga gubernur. Sehingga, tercipta satu visi untuk Jawa Tengah yang adem ayem.

Komarudin mengatakan kades dan perangkat desa yang mendeklarasikan dukungan kepada Luthfi sebagai cagub Jateng tidak melihat organisasinya. Papdesi, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), maupun Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) memberikan dukungan.

Untuk calon wakil gubernur yang cocok untuk mendampingi Luthfi, Komarudin yang juga Wakil Ketua DPD Papdesi Jateng mengatakan dari aspirasi kepala desa di berbagai kabupaten ingin penggabungan sosok nasionalis dan religius.

Tokoh yang dianggap religius yang cakap dalam kepemimpinan, berpengalaman, hingga turun menyentuh ke masyarakat bagus, menurut Komarudin, yaitu mantan Gubernur Jateng, Taj Yasin.

Terkait asas netralitas kades dan perangkat desa, Komarudin mengatakan deklarasi dilakukan jauh sebelum diputuskan proses pencalonan Ahmad Luthfi.

“Kami sebagai kades aktif berani melakukannya [deklarasi dukungan] sebagai bentuk aspirasi masyarakat desa. Teknis atau proses pencalonan beliau di Pilkada belum ada sama sekali. Belum masuk tahapan Pilkada dan Gakkumdu untuk Pilkada juga belum terbentuk,” terang dia.

Komarudin berharap aspirasi dari akar rumput dan pemerintahan terkecil atau desa bisa didengar Ahmad Luthfi. Luthfi bersedia mau mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Tengah untuk mengayomi kades dan perangkat desa se-Jawa Tengah.

“Kalau dukungan [kades dan perangkat desa] se-Boyolali,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya