SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri memberikan pengarahan kepada seluruh kepala desa di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (16/1/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memastikan para kepala desa atau kades dan lurah di Wonogiri bakal memiliki sepeda motor dinas baru pada 2023 ini. Kendaraan dinas baru tersebut dipastikan bakal berwarna merah.

Hal itu disampaikan Bupati dalam forum Pengarahan Bupati Dalam Rangka Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa di Kabupaten Wonogiri Tahun 2023 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (16/1/2023). Forum itu dihadiri seluruh kepala desa di Wonogiri.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pria yang akrab disapa Jekek itu mengatakan pengadaan kendaraan dinas baru bagi kepala desa/lurah di Wonogiri ditargetkan terealisasi pada Februari 2023. Bupati belum bisa menyebut angka pasti nilai anggaran untuk pengadaan kendaraan tersebut.

“Belum saya cek detail angka anggarannya. Tapi kami targetkan bisa terealisasi Februari nanti,” kata Jekek kepada wartawan di Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin.

Dia memastikan warna motor dinas baru untuk para kades di Wonogiri itu berwarna merah. Menurutnya, hal itu bukan atas kemauan pribadi, melainkan permintaan dan kesepakatan dari para kades di forum pagi itu.

Meski begitu dia belum bisa menyebut merek dan jenis sepeda motor dinas baru untuk para kades tersebut. “Warna merah itu yang minta kades sendiri. Saya kan tinggal manut saja. Tapi kalau mereknya belum tahu, enggak etis juga kalau sebut mereknya di publik,” ujarnya.

Kendati dipastikan berwarna merah, dia menegaskan tidak ada unsur politis atau merujuk pada warna partai tertentu. Di sisi lain, dia belum bisa memastikan apakah kendaraan yang akan diterima para kades/lurah itu seragam.

Menurut bupati yang telah menjabat dua periode itu, boleh jadi motor dinas yang diterima kades di Wonogiri berbeda tergantung kondisi geografis desa masing-masing. “Tapi itu baru kemungkinan ya. Lihat saja nanti,” ucap Jekek.

Catatan Solopos.com, anggaran pengadaan sepeda motor dinas kades/lurah direncanakan senilai sekitar Rp12 miliar yang bersumber dari APBD Wonogiri. Sepeda motor dinas yang saat ini digunakan kades/lurah sudah berumur 15 tahun sehingga dianggap sudah layak mendapatkan ganti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya