SOLOPOS.COM - Kepala desa dan lurah seluruh Wonogiri mendapat kendaraan dinas baru Yamaha NMax warna merah dari Pemkab Wonogiri, Senin (3/4/2023). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Para kades-lurah di Wonogiri sudah mendapatkan kendaraan dinas baru yakni sepeda motor Yamaha NMax yang diserahkan oleh Bupati Joko Sutopo pada Senin (3/4/2023).

Selanjutnya, Pemkab Wonogiri berencana menyerahkan 294 sepeda motor bekas kendaraan dinas kepala desa/lurah kepada masing-masing sekretaris desa atau carik di Wonogiri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan kepala desa (kades) dan lurah menerima kendaraan dinas sepeda motor baru karena kendaraan dinas lama usianya sudah tua. Kendaraan dinas lama para kades yakni motor bebek Honda Supra 125 itu sudah berusia lebih dari 12 tahun. 

Oleh karena itu layak diganti dengan kendaraan sepeda motor baru, yaitu Yamaha Nmax keluaran 2023. Sedangkan motor dinas lama kades-luran di Wonogiri akan dikaji terlebih dulu penggunaannya.

Menurut dia, ada tiga pilihan, yakni dihibahkan kepada pemerintah desa, dikembalikan ke Pemkab Wonogiri, atau diserahkan untuk kendaraan operasional sekretaris desa (sekdes).

“Satu-dua pekan ke depan kami kaji dulu. Kami lihat aspek kemanfaatannya bagaimana. Kemungkinan akan diserahkan ke sekdes,” kata Joko Sutopo saat diwawancarai Solopos.com di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (3/4/2023).

Joko Sutopo melanjutkan setelah menerima sepeda motor dinas baru, kinerja kades-lurah di Wonogiri seharusnya lebih baik dan optimal. Dia mengingatkan kades agar memperhatikan indeks desa membangun (IDM).

Hal itu karena IDM merupakan indikator kinerja kades/lurah. Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono, menyampaikan pengadaan kendaraan dinas sepeda motor baru bagi kades/lurah menelan anggaran senilai Rp9,4 miliar.

Masing-masing kades/lurah menerima satu unit kendaraan dinas. Sebanyak 113 kendaraan dinas itu sudah keluar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Sementara 181 kendaraan lainnya menyusul karena masih dalam proses penyelesaian pembuatan (TNKB).

Sekretaris Desa (Sekdes) Semagar, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, Tarmo, menyambut baik rencana penyerahan bekas kendaraan dinas kades kepada sekdes. Hal itu akan membantu mobilitas dalam kerja-kerja pemerintahan desa.

Menurut dia, Kades Semagar, Tiyo, pun tidak mempermasalahkan hal itu. “Ini tadi setelah Pak Kades menerima kendaraan dinas baru, beliau meminta saya untuk membawa kendaraan dinas yang lama,” kata Tarmo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya