SOLOPOS.COM - Bambang Sutrisno. (Instagram/@bsoetcom)

Solopos.com, SUKOHARJO – Perolehan suara calon anggota DPD Jawa Tengah, Bambang Sutrisno, mampu mengalahkan mantan Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, di Sukoharjo. Meski berpotensi tak lolos, mantan Ketua PGRI Sukoharjo itu mendulang 57.784 suara tepat di bawah Casytha Arriwi Kathmandu, putri Bambang “Pacul” Wuryanto, yang meraih 167.745 suara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, termasuk DPD Jawa Tengah. Ada empat nama calon senator asal Jateng yang dipastikan meraih kursi DPD pada Pemilu 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Keempat calon senator asal Jateng yang diproyeksikan lolos DPD Jawa Tengah yakni Taj Yasin Maimoen, Casytha Arriwi Kathmandu, Abdul Kholik, dan Denty Eka Widi Pratiwi.

Di Sukoharjo, suara tiga calon senator asal Jateng yang lolos jadi DPD justru kalah oleh Bambang Sutrisno. Taj Yasin hanya meraih 41.135 suara, Abdul Kholik meraup 45.467 suara, dan Denty Eka Widi Pratiwi mampu meraih 43.387 suara.

“Perolehan suara calon DPD Jawa Tengah ini hanya khusus di Kabupaten Sukoharjo. Untuk hasil rekapitulasi penghitungan suara di wilayah Jawa Tengah sudah diumumkan KPU Jawa Tengah,” ujar Komisioner Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sukoharjo, Murwedhy Tanomo, Rabu (13/3/2024).

Pria yang akrab disapa Wedhy mengatakan tingkat partisipasi pemilih DPD Jawa Tengah mencapai 86,84%. Menurut dia, antusiasme masyarakat baik di perkotaan maupun perkotaan untuk menggunakan hak pilihnya tak berbeda jauh, sama-sama tinggi.

Bagi masyarakat Sukoharjo, terutama aparatur sipil negara (ASN), sosok Bambang Sutrisno bukan sosok asing. Bambang Sutrisno tercatat pernah menjabat sebagai kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Sukoharjo. Sebelum pensiun, Bambang menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo dan Sekwan DPRD Sukoharjo.

Sebelumnya, Bambang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo selama hampir empat tahun. Dia juga diberi mandat sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya