SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Klaten tahun anggaran 2022 dari BPK perwakilan Jawa Tengah (Jateng) di Kantor BPK Jateng, Jumat (5/5/2023). (Istimewa/Bagian Prokopim Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2022. Opini WTP diraih Pemkab Klaten ini merupakan kali kelima berturut-turut sejak 2018.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, prestasi tersebut menunjukkan LKPD Pemkab Klaten pada 2022 telah disajikan secara jujur, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menerima secara langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Klaten tahun anggaran 2022 dari BPK perwakilan Jawa Tengah (Jateng) di Kantor BPK Jateng, Jumat (5/5/2023). Ada empat kabupaten yang menerima opini WTP pada penyerahan LHP tersebut.

Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Jateng, Hari Wiwoho, seperti dikutip dalam keterangan pers dari Pemkab Klaten mengatakan pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan.

Hari Wiwoho mengapresiasi upaya Pemkab Klaten dan kabupaten lainnya dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah hingga meraih opini WTP. Hasil tersebut diperoleh setelah dilakukan sejumlah tahapan pemeriksaan LKPD oleh tim BPK.

“Kami mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan oleh masing-masing pemerintah kabupaten untuk mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan daerah agar lebih transparan dan akuntabel,’’ ungkap Hari.

Hari menambahkan opini atas LKPD Kabupaten Blora, Sragen, Klaten, dan Wonogiri tahun 2022 adalah WTP. “Kami berharap agar hasil pemeriksaan yang kami sampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus selalu memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD secara akuntabel dan transparan,” imbuhnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan rasa syukur atas capaian opini WTP tahun anggaran 2022 yang diraih Pemkab Klaten. Ia pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Pemkab Klaten atas kerja keras selama ini hingga terwujud pengelolaan anggaran dan kinerja Pemkab Klaten yang akuntabel dan transparan.

“Pencapaian Opini WTP ini diraih berkat semangat seluruh ASN dan jajaran Legislatif di Kabupaten Klaten. Saya berharap semoga capaian WTP tersebut dapat lebih motivasi untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Klaten serta mempertahankan kinerja Pemerintah Kabupaten Klaten akuntabel dan transparan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya