SOLOPOS.COM - Warga membersihkan rumahnya yang kemasukan air luapan Kali Kecing di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (22/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Hujan yang mengguyur Kota Solo pada Kamis (22/12/2022) membuat debit air Kali Kecing, Semanggi, Pasar Kliwon, meningkat dan meluap sekitar pukul 15.00 WIB. Luapan air sungai Kali Kecing masuk ke rumah-rumah warga di pinggir sungai hingga ketinggian di atas lutut orang dewasa.

Dalam pantauan Solopos.com, pada pukul 17.30 WIB air sudah surut. Warga yang tinggal di lingkungan pinggir sungai Kali Kecing langsung membersihkan rumah mereka. Meski demikian, sejumlah warga tetap standby untuk mengantisipasi adanya banjir susulan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menurut Sumarno, salah satu warga yang tinggal di pinggir Kali Kecing, debit air mulai naik sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan yang terus mengguyur Kota Solo menjadi salah satu faktor naiknya debit air sungai tersebut.

“Air itu mulai naik sekitar pukul 15.00 WIB atau setelah Asar, karena memang hujannya kan terus mengguyur sejak pukul 13.00 WIB jadi airnya naik,” ujar Sumarno kepada Solopos.com, Kamis (22/12/2022).

Ia juga menyebut adanya perbaikan dinding Kali Kecing juga menjadi salah satu faktor air sungai di Semanggi, Solo, itu meluap. Tumpukan beton yang akan dipakai membuat dinding sungai menjadikan aliran air sedikit terhambat.

Baca Juga: Hujan Semalaman, Puluhan Rumah di Jebres & Pasar Kliwon Solo Kebanjiran

“Dinding sungainya kan juga sedang diperbaiki, lah beton yang untuk dipasang itu diletakkan di sungai jadi membuat aliran sungainya terhambat kemudian masuk rumah-rumah warga. Yang paling parah itu di bagian utara karena airnya masuk ke rumah warga sampai di atas lutut orang dewasa,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga diutarakan Suryadi, warga yang juga tinggal di pinggir Sungai Kali Kecing dan terdampak luapan air. Ia menjelaskan air mulai masuk ke rumah warga sekitar pukul 15.00 WIB dan baru surut pukul 16.00 WIB.

“Air sungai baru masuk rumah warga itu sekitar pukul 15.00 WIB, awalnya sedikit terus dikeluarkan oleh warga, terus lama-lama naik airnya dan arus sungai Kali Kecing itu makin deras,” tegasnya.

Baca Juga: Waspada Banjir Luapan Sungai Bengawan Solo, DPUPR Siapkan Pompa Portabel

Ia menambahkan sebagian warga ada yang mengungsikan barang-barangnya ke tetangga yang rumahnya lebih tinggi. Airnya baru surut itu pukul 16.00 WIB, bersamaan dengan saat pekerja menggeser beton di sungai dan hujan mulai mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya