SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NORMALISASI -- Sebuah alat berat berupa backhoe dikerahkan untuk menormalisasi Kali Sosro, Sabtu (5/11/2011).(Espos/Moh Khodiq Duhri)

Klaten (Solopos.com)--Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten menormalisasi Kali Sosro yang melintasi Dukuh Mundu, Desa Brangkal, Kecamatan Wedi, Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantauan Solopos.com di lokasi, Sabtu (5/11/2011), sebuah alat berat berupa backhoe beroperasi untuk mengeruk sedimentasi pada kali yang merupakan cabang dari Kali Ujung itu. Normalisasi dimulai dari jembatan Mundu ke arah timur sejauh 1,5 kilometer.

“Sudah lama Kali Sosro mengalami pendangkalan. Akibatnya, laju air tidak lancar. Kalau musim hujan tiba, air kerap meluap ke sawah-sawah dan rumah warga,” ujar Imam Safi’i, 45, warga Dukuh Mundu, Desa Brangkal saat ditemui di lokasi.

Hal senada juga dikemukakan Camat Wedi, Endro Susilo. Menurutnya, Kali Sosro maupun Kali Ujung memang mendesak dinormalisasi. Selain tingginya sedimentasi, kata Endro, kondisi tanggul kedua sungai itu sudah memprihatinkan. ”Tanggul Kali Ujung sudah jebol di tiga titik sejak musim hujan tahun lalu. Tanggul Kali Sosro juga pernah jebol di musim hujan tahun lalu. Akan tetapi warga sudah memperbaiki jebolnya tanggul Kali Sosro secara swadaya,” papar Endro.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya