SOLOPOS.COM - Petugas memadamkan api yang merembet dari kandang ayam hingga membakar bangunan rumah milik Suwardi, warga Tamansari, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, pada Selasa (11/6/2024) dini hari. (Istimewa/Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR–Ribuan ekor ayam di Dusun Jambe Wangi, Desa Tamansari, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, mati terpanggang di dalam kandang yang terbakar pada Selasa (11/6/2024) dini hari.

Api juga merembet ke bangunan rumah milik warga setempat. Tidak ada korban atas kejadian ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp300 juta lebih.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 01. 30 WIB. Kandang ayam dan bangunan rumah yang terbakar milik Suwardi, 56. Di mana, posisi kandang ayam berada di belakang rumahnya.

Sebelum kejadian, lanjutnya, Suwardi memanaskan mesin pemanas kandang ayam sekitar pukul 23.30 WIB. Selepas memanaskan mesin tersebut, Suwardi lantas kembali ke rumahnya. Sedangkan seluruh anggota keluarganya sudah tertidur lelap.

“Kurang lebih satu jam di dalam rumah, Suwardi terbangun karena mendengar suara ternak ayamnya. Setelah dilihat ternyata kandang sudah kebakaran,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa pagi.

Melihat kondisi kandang ayam yang terbakar, Suwardi langsung membangunkan seluruh anggota keluarganya. Dia dibantu anak-anak dan warga setempat berusaha memadamkan api. Namun api dengan cepat terus membesar hingga merembet ke bangunan rumahnya.

Petugas BPBD bersama pemadam kebakaran dari Kabupaten Karanganyar tiba di lokasi kejadian langsung berusaha memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.30 WIB.

“Bangunan kandang ayam potong ini dua lantai ukuran 9 x 24 meter dan tinggi 8 meter dengan kerangka beton, dinding bambu, atap asbes, reng bambu. Kemudian bangunan rumah permanen ukuran 7 x 16 meter atap genteng biasa dan asbes, reng usuk kayu, ludes terbakar,” kata dia.

Akibat kejadian ini, Hendro mengatakan ada sekitar 5.000 ekor ayam mati terpanggang. Ayam tersebut baru berusia 10 hari. Selain itu bangunan rumah berikut perlengkapan mebeler di dalamnya juga hangus. Kerugian meterial akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp300 juta lebih.

Plt Kasi Humas Polres Karanganyar Agus Susilo Utomo mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut. Namun, ribuan ekor ayam yang ditemukan mati terpanggang.

“Diduga penyebab kebakaran dari pemanas ayam,” kata dia.

Aparat kepolisian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Selain kandang ayam yang terbakar juga bangunan rumah milik korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya