SOLOPOS.COM - Petugas Pemadam Kebakaran Satpol PP Sragen saat memadamkan api yang membakar kandang ayam di Dukuh Purwosuman, Desa Purwosuman, Sidoharjo, Sragen, Sabtu-Minggu (1-2/7/2023) malam. (istimewa/Satpol PP Sragen).

Solopos.com, SRAGEN — Kandang ayam berukuran 12 meter x 130 meter milik warga di Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, hangus terbakar pada Sabtu (1/7/2023) pukul 21.39 WIB.

Tak ada korban jiwa, namun sebanyak 40.000 ekor ayam anakan terpanggang hidup-hidup dalam musibah tersebut. Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kabid Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen, Tommy Isharyanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (2/7/2023), menerangkan pemadaman api pada kebakaran kandang ayam jumbo itu membutuhkan empat unit mobil.

Dia mengatakan proses pemadaman api membutuhkan waktu empat jam karena selesai pemadaman pada Minggu, pukul 01.35 WIB.

“Kandang ayam itu milik Purwoko, 57, warga Dukuh Purwosuman RT 001, Desa Purwosuiman, Sidoharjo, Sragen,” ujar Tommy.

Sampai saat ini belum diketahui sumber api yang menyebabkan kebakaran tersebut.

Kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Namun angka tepatnya saat ini masih dihitung. Tommy mengatakan kondisi kandang ayam secara keseluruhan hangus terbakar.

Tommy menyebut, semua anakan ayam mati hangus terbakar, mesin genset serta mesin penggilingan pur ayam ikut hangus terbakar, disusul beberapa karung pakan ayam ikut ludes terbakar.

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kapolsek Sidoharjo, Sragen, AKP Harno, menyampaikan anakan ayam yang terbakar mencapai 40.000 ekor karena kandang ayam itu baru diisi dua hari yang lalu.

Dia menerangkan kerugian materiil masih dihitung pihak pemilik dan perkiraannya mencapai miliaran rupiah. Piter mengatakan polisi saat ini sudah meminta keterangan tiga orang saksi dan melakukan olah kejadian perkara.

Sampai saat ini sumber suara ledakan yang diduga menyebabkan kandang terbakar masih diselidiki. “Saat terjadi kebakaran anak ayam, [warga] di kandang langsung membunyikan sirine yang ada dan meminta tolong warga [lainnya],” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya