SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran Satpol PP Sragen menyemprotkan air pada titik apik saat pemadaman kebakaran kandang ternak di Desa Mojodoyong, Kedawung, Sragen, Sabtu (15/4/2023) dini hari. (Istimewa/Kedawung Rescue)

Solopos.com, SRAGEN — Kandang kambing milik warga Dukuh Mojodoyong RT 021, Desa Mojodoyong, Kecamatan Kedawung, Sragen, dilalap si jago merah Sabtu (15/4/2023) sekitar pukul 03.15 WIB. Tiga ekor kambing mati terpanggang dalam musibah kebakaran tersebut.

Pembina Kedawung Rescue Sragen, Triyono Putro, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu, menerangkan musibah kebakaran itu dilaporkan ke Kedawung Rescue pada pukul 03.25 WIB dan langsung ditangani. Dia menerangkan api berhasil terkondisi pada pukul 05.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kandang kambing itu milik Wahyu Widodo, 63, warga setempat sedangkan tiga ekor kambing yang mati itu milik Irwan Tri Hando, 25, warga setempat. “Awalnya sekitar pukul 03.00 WIB, warga bangun untuk makan sahur. Saat keluar rumah, warga melihat kepulan asap dari kandang Pak Wahyu. Warga itu langsung pergi ke masjid untuk mengumumkan adanya musibah kebakaran lewat pengeras suara. Warga langsung keluar rumah dan membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Kemudian pemilik kandang menghubungi tim pemadam kebakaran,” ujarnya

Upaya untuk memadamkan api akhirnya berhasil. Dia mengungkapkan sumber api diduga berasal dari sisa bakaran dari tungku api.

Dia menerangkan kandang dengan ukuran 14 meter x 4 meter mengalami rusak berat. Kerugian akibat musibah itu, ujar dia, belum bisa dihitung. “Dampaknya, kandang tak bisa digunakan. Tiga ekor kambing mati terbakar. Warga menjadi syok dengan musibah itu,” kata Triyono yang juga Sekretaris Kecamatan Kedawung, Sragen.

Dia menerangkan ada tujuh anggota Kedawung Rescue yang membantu memadamkan api. Dalam pemadaman api itu, ujar dia, ada 50 orang yang terlibat yakni dari unsur Pemadam Kebakaran Satpol PP Sragen, BPBD, TNI, Kedawung Rescue, MDMC, SAR MTA, SAR Independen, Universitas Aisyiyah, dan perangkat Desa Mojodoyong, serta warga setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya