SOLOPOS.COM - Polisi memeriksa Kantor Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Klaten, yang dibobol maling, Selasa (6/2/2024). (Istimewa/Polsek Wonosari)

Solopos.com, KLATEN — Kantor Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Klaten, dibobol maling. Berbagai peralatan elektronik seperti printer hingga uang infak raib digondol pencuri.

Barang-barang serta uang infak itu diketahui hilang ketika petugas kebersihan datang ke kantor desa untuk mematikan lampu seperti biasa, Selasa (6/2/2024) pagi. Namun, petugas kebersihan itu mendapati kantor dalam kondisi berantakan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hal itu kemudian disampaikan kepada Kepala Desa (Kades) Sidowarno, Joko Sumarno. “Sekitar pukul 06.50 WIB saya dihubungi penjaga kantor. Diberi tahu kantor mobrak-mabrik di ruang kades, sekdes, dan kadus, almari-almari terbuka. Kemudian saya meluncur ke kantor desa,” kata Joko saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Setelah dicek, sejumlah perangkat elektronik yang menjadi alat kerja aparatur Desa Sidowarno, Wonosari, Klaten, raib digondol maling. Barang-barang itu di antaranya tiga printer dan satu proyektor yang enam bulan lalu baru dibeli.

Gembok almari dirusak dan dua mikrofon yang baru dibeli dan belum pernah dipakai juga hilang. Selain itu, kotak infak dirusak serta isinya berupa uang hilang. Jika ditotal, nilai kerugian akibat pencurian itu mencapai Rp20 juta.

Joko menjelaskan pelaku diduga masuk dari jendela ruang kerja kades. Di ruangan itu kondisi jendela rusak dan sudah terbuka setelah kejadian. Selain itu, ditemukan jejak-jejak kaki di ruangan tersebut.

Di lahan penuh ilalang samping kantor desa juga didapati jejak-jejak kaki. Kejadian itu sudah dilaporkan ke polisi. Joko menjelaskan di depan kantor desa ada pabrik kain yang memasang kamera closed circuit television (CCTV) mengarah ke jalan.

Kamera CCTV itu bisa terpantau pemiliknya dari jarak jauh atau terhubung dengan ponsel. Hanya, sekitar pukul 03.00 WIB itu pemilik pabrik memantau kamera CCTV dari rumah kondisinya mati.

Joko mengatakan kantor desa itu memang belum terpasang kamera CCTV. Atas kejadian itu, pemerintah desa tersebut segera memasang kamera pengawas. “Dengan kejadian ini, kami akan melengkapi kantor dengan kamera CCTV. Kejadian ini menjadi peringatan,” kata Joko.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Klaten, AKP Abdillah, membenarkan ada laporan kejadian pencurian di Kantor Desa Sidowarno. Personel dari Polsek Wonosari bersama tim Inafis juga sudah mendatangi lokasi dan melakukan pengusutan lebih lanjut. “Saat ini masih dalam proses penyelidikan,” kata Abdillah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya