SOLOPOS.COM - Petugas damkar berusaha memadamkan kebakaran di kantor perusahaan kontraktor CV Vista Karya di Desa Bulusulur, Wonogiri, Rabu (16/8/2023). (Istimewa/Joko Santoso)

Solopos.com, WONOGIRI — Kantor perusahaan kontraktor CV Vista Karya di Desa Bulusulur, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, terbakar pada Rabu (16/8/2023) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu sedangkan kerugian material diperkirakan mencapai Rp300 juta.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Damkar Wonogiri, Joko Santoso, mengungkapkan berbagai peralatan kantor seperti komputer, meja, dan lainnya di kantor perusahaan kontraktor itu terbakar habis.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Peristiwa kebakaran itu awalnya diketahui oleh warga yang mendengar suara gemuruh seperti kayu terbakar. Warga tersebut kemudian keluar rumah dan melihat api berkobar di bangunan kantor tersebut.

Warga itu kemudian segera memukul kentungan memberi tanda bahaya kepada warga desa. Sejumlah warga yang berdatangan mencoba memadamkan api di kantor perusahaan kontraktor yang terbakar di Bulusulur, Wonogiri, itu menggunakan alat seadanya.

Tetapi api justru semakin membesar karena pada saat itu angin bertiup cukup kencang. “Terus mereka menghubungi kami. Laporan kami terima pukul 03.00 WIB, pemadaman api selesai pukul 04.00 WIB,” kata Joko kepada Solopos.com, Kamis (17/8/2023).

Joko menyebut kebakaran itu diduga akibat korsleting listrik yang berasal dari air conditioner atau penyejuk udara. Sehari sebelumnya, AC tersebut rusak dan sempat diperbaiki.

“Ini kasus kebakaran ke-45 yang ditangani Damkar Wonogiri selama periode Januari sampai pertengahan Agustus 2023 ini,” ujar Joko mengenai peristiwa kantor perusahaan kontraktor yang terbakar di Bulusulur.

Menurut Joko, saat kemarau seperti sekarang ini memang rawan terjadi kebakaran, baik kebakaran rumah atau bangunan, lahan, maupun hutan. Pada kondisi saat ini, kayu dan dedaunan di lahan menjadi kering sehingga mudah terbakar.

Oleh karena itu dia meminta warga agar hati-hati ketika membakar sampah, terutama di wilayah dekat hutan atau di dalam hutan. Selain itu, memastikan jaringan kabel listrik tidak berpotensi terjadi korsleting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya