SOLOPOS.COM - Salah satu gunungan apam dalam acara Yaqowiyu di Jatinom, Klaten, Jumat (18/11/2016). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Setelah dua tahun sebelumnya digelar terbatas karena pandemi Covid-19, Tradisi sebaran apam Yaa Qawiyyu di Kecamatan Jatinom kembali digelar tahun ini. Kepastian itu sekaligus menjawab pertanyaan kapan saparan sebaran apam Ya Qawiyyu di Jatinom, Klaten digelar.

Penyebaran apam Yaa Qawiyyu Kyahi Ageng Gribig rencananya digelar di Lapangan Klampeyan, Jatinom, Klaten, Jumat (16/9/2022) siang atau setelah Salat Jumat. Apam bakal kembali disebarkan dari panggung serta menara di Lapangan Klampeyan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sekretaris P3KAG Jatinom, Daryanta, mengatakan rangkaian tradisi sebaran apam Yaa Qawiyyu tahun ini seperti rangkaian kegiatan yang digelar sebelum ada pandemi Covid-19.

“Ada pembukaan, semakan Al-Qur’an, haul, selawatan, kirab gunungan, kenduri seni, dan puncak acara andum apam di hari Jumat Kliwon, 16 September 2022,” kata Daryanta kepada Solopos.com, Senin (29/8/2022).

Daryanta menjelaskan tradisi sebaran apam Yaa Qawiyyu digelar saban bulan Safa. Orang Jawa biasa menyebut Saparan. Selama dua tahun lalu atau 2020-2021, tradisi sebaran apam itu diadakan secara virtual. Tradisi digelar secara terbatas.

Baca Juga: Ini Deretan Wisata Religi di Klaten yang Sudah Dikenal Masyarakat Luas

Sementara, peserta tradisi sangat dibatasi untuk mencegah persebaran Covid-19. Di tahun ini, pertanyaan kapan saparan sebaran apam Ya Qawiyyu di Jatinom, Klaten digelar sudah dapat dipastikan berlangsung, Jumat (16/9/2022) siang.

“Pada 2020-2021 itu memang digelar secara virtual, dilaksanakan terbatas. Tidak ada keramaian. Tradisi andum apam, zikir, dan tahlil tetap digelar tetapi diadakan di dalam makam dan terbatas,” kata Daryanta.

Camat Jatinom, Wahyuni Sri Rahayu, mengatakan sebaran apam akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Kepastian digelarnya tradisi tahunan itu sekaligus menjawab pertanyaan kapan saparan sebaran apam Ya Qawiyyu di Jatinom, Klaten digelar.

Rahayu menjelaskan kepanitiaan pelaksanaan rangkaian tradisi sebaran apam Yaa Qawiyyu dari Pengelola Pelestari Peninggalan Kyahi Ageng Gribig (P3KAG) Jatinom. Pada Kamis (8/9/2022) ada pembukaan. Kemudian ada kirab gunungan apam serta serah terima gunungan yang digelar, Kamis (15/9/2022) sore.

Baca Juga: Sejarah Yaa Qowiyyu di Jatinom Klaten, Lekat dengan Kisah Ki Ageng Gribig

Kamis (15/9/2022) malam, ada kegiatan kenduru seni sedekah apam di panggung amphitheater Klampeyan, Jatinom. Selain itu, ada zikir dan selawat dalam rangka haul Kyahi Ageng Gribig di Oro-oro Yaa Qawiyyu Jatinom pada Kamis malam.

“Kami masih terus menggelar rapat untuk mematangkan persiapan rangkaian acara tradisi ini,” kata Rahayu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya