SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas menata alat gamelan di Gereja St. Yohanes Rasul Wonogiri untuk mengiri misa Natal 2022, Jumat (23/12/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia).

Solopos.com, WONOGIRI Sejumlah persiapan dilakukan Gereja St. Yohanes Rasul Wonogiri menyambut perayaan Natal 2022. Daya tampung jemaat gereja saat ibadah Natal sudah 100% dari kapasitas.

Di sisi lain, Polres Wonogiri menerjunkan tim khusus untuk memastikan perayaan Natal berjalan lancar. Romo Paroki St. Yohanes Rasul Wonogiri, Romo Yosafat Dhani Puspantoro mengatakan perayaan Natal 2022 di gereja berbeda dari tahun sebelumnya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tahun ini ibadah natal di gereja sudah diizinkan 100% dari kapasitas. Gereja tidak lagi membatasi umat yang ingin beribadah Natal di gereja. Kendati begitu, gereja tetap berupaya menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Umat kami kondisikan untuk misa di wilayahnya sendiri-sendiri. Karena kalau harus ke sini [Kota Wonogiri] kasihan, jaraknya cukup jauh, transportasinya juga tidak mudah. Maka selain di sini, gereja di wilayah-wilayah [di Wonogiri] juga sudah ada persiapan,” kata Romo Dhani ketika ditemui Solopos.com di Paroki St. Yohanes Rasul Wonogiri, Jumat (24/12/2022).

Meski demikian, Gereja St. Yohanes Rasul Wonogiri tidak melarang umat dari wilayah-wilayah untuk misa di sana. Begitu juga jika ada umat yang datang dari luar kota diizinkan mengikuti ibadah di gereja yang terletak tidak jauh dari Alun-alun Giri Krida Bakti itu.

Baca juga: Libur Natal 2021, Kunjungan ke Malioboro Tembus 7.500 Orang

“Kami harapkan semua umat bisa datang ke gereja untuk misa. Nanti juga ada musik gamelan untuk mengiringi misa. Ini merupakan kali pertama, setelah beberapa tahun tidak ada gamelan,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto mengatakan Polres Wonogiri menerjunkan tim khusus untuk sterilisasi gereja di Wonogiri yang merayakan Natal 2022.

Sterilisasi dilakukan dua kali, Jumat-Sabtu (23-24/12/2022). Hal itu untuk memastikan agar perayaan Natal berjalan aman, lancar, dan khidmat.

“Kami menerjunkan tim khusus, yaitu tim K-9 untuk sterilisasi gereja. Kami juga menggunakan perangkat metal detektor. Selain itu, kami mendirikan pos pengamanan dan pelayanan di tiga titik, yaitu di dekat Gereja Wonogiri, Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, dan Ngadirojo,” kata AKBP Dydit.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono menambahkan, saat perayaan Natal, Polres Wonogiri menugaskan personel untuk menjaga gereja-gereja yang merayakan natal. Masing-masing gereja akan dijaga tiga-lima aparat polisi.

Baca juga: Pengendalian Covid-19, Pemerintah Evaluasi dan Antisipasi Libur Nataru

“Ada 115 gereja yang merayakan natal. Rinciannya 45 gereja Katolik dan 75 gereja Kristen yang tersebar di berbagai wilayah di Wonogiri,” ujar dia.

Kepala Satpol PP Wonogiri, Joko Susilo, menyampaikan jajarannya akan turut mengamankan perayaan Natal 2022 di dalam Kota Wonogiri. Pihaknya akan membagi empat tim pengamanan. Masing-masing tim terdiri atas 10-15 personel Satpol PP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya