SOLOPOS.COM - Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo (kanan) mengecek peralatan SAR di halaman mapolres, Senin (21/2/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, mengecek kesiapan jajarannya menghadapi bencana yang mungkin akibat cuaca ekstrem belakang ini. Pengecekan ini dilakukan dengan memeriksa peralatan save and rescue (SAR) yang dipamerkan di Lapangan Wirasatya Mapolres, Senin (21/2/2022).

Kapolres Danang mengecek kondisi alat SAR darat dan alat SAR air yang dimiliki seperti crane, alat pemotong material, perahu karet, pelampung, alat penyelaman, serta K9 dengan spesifikasi SAR.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Selain memantau peralatan, kami juga melaksanakan cek kemampuan personel dalam penggunaan alat SAR tersebut. Kelengkapan peralatan SAR yang dimiliki harus sebanding dengan kemampuan anggota dalam pengoperasiannya,” ujar Danang.

Baca Juga: Polres Karanganyar Layani Vaksinasi Booster, Begini Cara Daftarnya

Berada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar rawan berbagai bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang.

Kapolres juga meminta agar SAR Polres Karanganyar selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak lain seperti SAR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan sukarelawan di Kabupaten Karanganyar agar memantau perkembangan setiap kejadian bencana alam.

Sementara itu, Kasat Samapta, AKP Gatot, yang mendampingi Kapolres menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan pelatihan kepada personelnya agar mahir dan terampil dalam menggunakan peralatan SAR tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya