SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi bersama sejumlah perwira di Polresta Solo menggelar jumpa pers dalam rangka evaluasi 2023 di Mapolresta Solo, Kamis (28/12/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi memastikan aparat kepolisian mengedepankan sikap netral dalam pemilihan presiden dan pilihan legislatif 2024. 

Hal itu disampaikan dalam jumpa pers akhir tahun 2023 di Polresta Solo, Kamis (28/12/2023). Dia mengatakan aparat kepolisian akan bekerja secara profesional terutama untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kami akan bekerja sesuai dengan koridor dan tugas kami, bahwa kami menjaga pesta demokrasi atau pemilu ini sesuai dengan tugas peran fungsi pokok kami,” kata dia.

Sedangkan ketika ada indikasi kecurangan, dia mengatakan sudah ada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengawal setiap kegiatan partai politik. Terutama ketika masa-masa kampanye seperti sekarang ini.

“Bawaslu selalu melekat pada kegiatan-kegiatan kepartaian yang berlangsung pada tahapan pemilu, bawaslu akan menakar ada indikasi kecurangan atau tidak,” kata dia.

Namun, jika terjadi unsur pidana atau pelanggaran hukum, maka pihaknya yang akan mengambil tindakan. Terkait langkah pengamanan pihaknya tidak terfokus saja pada Pemilu. “Sepanjang waktu kami bekerja, ada ataupun tidak ada kejadian [tindak kejahatan] kami bekerja,” kata dia.

Iwan mengatakan tetap melakukan upaya preventif atau pencegahan. Selain itu jika memang diperlukan, dia mengatakan bakal melakukan penegakan hukum. Dia mengatakan tindakan pengamanan terhadap kegiatan masyarakat selalu dilakukan.

“Tentu sekali lagi dengan upaya pencegahan, dialog, patroli, pendekatan terhadap kelompok terorganisir maupun yang tidak, kita gunakan polisi-polisi RW yang terus menyerap informasi, lalu ada ada intelijen yang mitigasi situasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya