SOLOPOS.COM - Warga mengantre untuk mendapatkan bantuan sosial tunai atau BST dari Kementerian Sosial di Balai Desa Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar Selasa (12/5/2020). (Candra Mantovani/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR - Kementerian Sosial mulai meyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui jalur PT Pos Indonesia kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Karanganyar Selasa (12/5/2020). Penyaluran bantuan melalui Pos dilakukan dengan cara mengundang penerima bantuan ke kantor masing-masing desa.

Kritik Pelonggaran PSBB, Wabup Sragen: Kebijakan Pusat Tidak Konsisten!

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pantauan Solopos.com Selasa pagi di Balai Desa Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar, kegiatan penyaluran sudah aktif berjalan pada pukul 10.00 WIB. Meskipun metode yang digunakan mengundang penerima ke satu tempat, namun tidak terlihat antrean berdesak-desakan saat proses penerimaan bantuan.
Pengamanan dilakukan dengan cara ketat termasuk penataan kursi antre dengan jarak sekitar 1 meter antar orang.

Mereka yang dipanggil namanya kemudian maju dan menunjukan kartu tanda pengenal (KTP) kepada petugas yang mendata. Setelah itu, wajah penerima kemudian difoto untuk memverifikasi penerima bantuan sebagai bukti. Penerima yang sudah melalui proses tersebut kemudian diberikan uang sebesar Rp600.000.

Salah satu penerima bantuan, Tumiyem, 51, mengatakan proses pencairan bantuan yang dia alami tidak membutuhkan waktu lama. Dia mengaku hanya perlu menunjukan KTP dan kemudian diberikan uang tunai dengan nilai yang sudah diumumkan.

Banyak Warga Wonogiri Terima Bantuan Sembako dari Kemensos, Begini Cara Mencairkannya

“Tadi mudah kok, tidak ribet. Perasaannya senang dapat bantuan ini. Tadi langsung diberikan uang tunai,” ucap dia sambil menunjukan uang yang dia terima.

BST Jalur Pos di Karanganyar

Penerima lainnya, Sri Hartini, mengatakan bantuan tunai yang dia dapatkan ingin digunakan sebagai tambahan modal usaha angkringannya. Pasalnya, dia mengaku, setelah adanya Covid-19, usaha angkringannya anjlok.

“Nanti niatnya diputar lagi uangnya untuk jualan. Semoga saja bisa, hik saya soalnya pas corona penghasilannya turun. Soalnya tidak bisa jualan seperti biasanya,” ucap dia.

72.249 Keluarga di Wonogiri Terima Bantuan Sembako dari Kemensos

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, mengatakan penyaluran BST melalui dua jalur yaitu empat bank Himbara sebanyak 2.978 KPM, dan melalui Kantor Pos sebanyak 14.721. Penyaluran bantuan akan dilakukan selama tiga bulan dan diselesaikan secara bertahap.

“Ya ini tadi serentak seluruh Karanganyar mulainya, tapi kami selesaikan bertahap karena tidak mungkin satu hari selesai,” kata dia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan selain menyalurkan BST, pemerintah juga sudah mulai menyalurkan perluasan bantuan sembako. Sebanyak 17.358 keluarga mulai disalurkan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS).

Pasien Covid-19 dari Klaster Gowa Tambah Lagi, Wabup Sragen Bingung

“Nanti bantuannya diberikan selama sembilan bulan. Nominalnya Rp200.000 tapi wujudnya sembako. Saya harap sebelum lebaran semua jenis bansos sudah terdistribusi,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya