SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima meraih penghargaan peringkat 4 Kabupaten terbaik Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan daerah berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) 2022, Sabtu (29/4/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar di bawah roda kepemimpinan Bupati Juliyatmono berhasil memborong penghargaan di kancah nasional.

Penghargaan tersebut menjadi kado terindah di akhir tahun masa jabatan Juliyatmono. Setelah penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan daerah, Pemkab Karanganyar meraih penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terbaik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karanganyar, Isnan Nur Aziz, mengatakan opini WTP dalam penilaian laporan hasil pemeriksaan keuangan berhasil diraih Pemkab Karanganyar untuk kali kesembilan secara berturut-turut.

WTP tersebut diserahkan langsung Kepala Kantor BPK Perwakilan Jawa Tengah, Hari Wiwoho di Aula kantor BPK Semarang pada Jumat (28/4/2023) lalu. Dalam penilaian laporan keuangan Pemkab Karanganyar 2022 memberi catatan yang setiap tahunya selalu berkurang dan semakin baik.

“Menjadi kebanggaan bagi Karanganyar yang selalu mendapatkan penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian bahkan sembilan kali secara berturut turut,” katanya kepada Solopos.com, Senin (1/5/2023).

Setelah opini WTP sembilan tahun berturut-turut, Kabupaten Karanganyar kembali diganjar penghargaan di tingkat nasional. Kali ini, Kabupaten Karanganyar kembali berhasil meraih penghargaan peringkat empat Kabupaten terbaik penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian bertepatan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah 2023 di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023). Acara peringatan Hari Otonomi Daerah ini dihadiri oleh seluruh kepala daerah di Indonesia.

Bupati hadir secara langsung dan menerima penghargaan tersebut didampingi Sekda, Asisten Pemerintahan, Kepala Inspektorat, Kepala Baperlitbang, Kepala BKD, Kabag Pemerintahan dan Kabag Umum Setda Karanganyar.

Dari hasil evaluasi Pemerintah Daerah yang dilakukan oleh Kementrian Dalam Negeri, ada tiga Provinsi, 10 Kabupaten dan 10 Kota yang berprestasi tertinggi secara Nasional. Kategori Provinsi terbaik diraih oleh Provinsi Jawa Tengah yang meraih peringkat pertama mengalahkan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Timur di peringkat ketiga.

Sementara untuk penilaian evaluasi kategori kabupaten, Kabupaten Banyuwangi meraih peringkat pertama, disusul Kabupaten Sumedang, ketiga Kabupaten Badung, keempat Kabupaten Karanganyar, kelima Kabupaten Sidoarjo, keenam Kabupaten Kulonprogo, ketujuh Kabupaten Wonogiri, kedelapan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, kesembilan Kabupaten Konawe, dan kesepuluh Kabupaten Bojonegoro.

Sedangkan untuk kategori 10 Kota terbaik, peringkat pertama diraih Kota Semarang, kedua Surabaya, ketiga Kota Solo, keempat Kota Bogor, kelima Kota Denpasar, keenam Kota Makassar, ketujuh Kota Serang, kedelapan Kota Tangerang, kesembilan Kota Medan dan terakhir Kota Pare Pare.

“Dengan raihan ini menambah rentetan penghargaan yang diraih Kabupaten Karanganyar di tahun 2023. Semoga kedepanya lebih dan lebih baik lagi sesuai pesan pak Bupati,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya