SOLOPOS.COM - Ketua KPU Sragen Minarso (kanan) menyerahkan SK Penetapan Cabup-Cawabup Terpilih kepada Petahanan Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat rapat pleno terbuka di Gedung IPHI Krapayak, Sragen, Kamis (21/1/2021). (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku belum yakin Pilkada Sragen bakal digelar di 2024. Pasalnya, jika pilkada digelar di 2024 maka masa jabatan Yuni sebagai Bupati Sragen tidak sampai lima tahun.

Yuni dilantik pada Mei 2021 dan mestinya berakhir pada Mei 2026, bukan 2024. “Soal jabatan saya belum tahu juga. Masih ada beberapa kemungkinannya. Kita lihat saja,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (29/10/2021).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Di sisi lain, Bupati Yuni akan mengkaji usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen ihwal kebutuhan dana pemilihan kepala daerah (pilkada) Sragen 2024.

Bca Juga: DPRD Sragen Nilai KPU Terlalu Terburu-Buru Usulkan Dana Pilkada

Seperti diketahui, KPU mengajukan usulan anggaran Pilkada Sragen 2024 senilai Rp57 miliar dalam kondisi normal dan Rp70 miliar dalam kondisi pandemi Covid-19. Bupati menyebut kebijakan anggaran Pilkada Sragen 2024 itu harus disinkronkan dengan kebutuhan anggaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Bupati menyampaikan usulan dana pilkada serentak itu tentu akan beririsan dengan kebutuhan Pilgub dan Pemilu 2024. “Kami akan mencermati dulu usulan KPU itu. Kami akan diskusikan lebih dulu dengan tim anggaran pemerintah daerah. Saya kira wajar kalau KPU mengajukan anggaran lebih cepat karena nilai anggarannya besar,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, sebagai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mempersilakan KPU menyampaikan usulan anggaran Pilkada Sragen 2024. Tetapi harus diingat bila dalam kebijakan anggaran pilkada itu harus disinkronkan dengan anggaran pilgub.

Baca Juga: Bantah Mengada-Ada Soal Dana Pilkada, KPU Sragen: Ini Dasarnya

“Mana kegiatan yang bisa dilaksanakan dan dibiayai bersama serta mana yang harus menjadi beban APBD Sragen,” katanya.

Tatag menyatakan Pemkab pasti akan menglokasikan anggaran untuk Pilkada Sragen 2024 karena sudah menjadi amanat UU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya