SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kartu Pos. (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Pengiriman kartu pos meningkat 11% menjelang Natal 2019 di Solo, Jawa Tengah. Para pengirim kartu pos mayoritas lembaga/instansi.

Kepala Kantor Pos Solo, Muntaha, menjelaskan, ada peningkatan 11% pengiriman kartu pos menjelang Natal 2019. Namun, ia tidak menyampaikan jumlah angka pengiriman kartu pos setiap bulan maupun pengiriman harian pada hari normal kepada Solopos.com.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami bingung untuk menyampaikan jumlah pengiriman kartu pos. Yang jelas kami menjual perangko kepada masyarakat. Mereka yang mengirim kartu pos menggunakan perangko,” katanya kepada Solopos.com saat ditemui di kantornya, Senin (23/12/2019).

Menurut Muntaha, para pengirim kartu pos mayoritas dari lembaga atau organisasi. Lembaga tersebut pada hari biasa mengirim kartu pos sebagai pesan penagihan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com selama satu jam, tidak ada satu orang pun yang mengirim kartu pos melalui Kantor Pos Solo. Mereka yang datang rata-rata membawa paket barang dan amplop coklat besar yang akan dikirim melalui Pos Indonesia.

Supervisor Tuko Buku Togamas Solo, Dedy, 28, menjelaskan, toko buku Togamas Solo tidak pernah menjual kartu pos kepada masyarakat sejak awal membuka cabang di Solo, sekitar 11 tahun lalu. Togamas hanya menjual kartu ucapan saja yang dikirim bersamaan dengan kado.

“Masyarakat ada yang menanyakan stok kartu pos kepada kami. Jumlahnya enggak banyak jadi kami tidak menjual kartu pos,” kata Dedy saat ditemui di Jl. Slamet Riyadi Nomor 428, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan.

Dedy menjelaskan, membeli kartu pos di sekitar Solo sulit karena tidak ada yang menjual selain Kantor Pos. Ia menduga para pengirim kartu pos membuat kartu posnya sendiri.

“Perkembangan teknologi dan media sosial semakin maju. Masyarakat yang mengirim ucapan seperti Natal dan Tahun baru bisa dilakukan dengan cepat. Saya terakhir kirim surat saat SMA,” ujar Dedy.

Tak Melulu Kejar Kemewahan, Ini yang Bikin Remaja di Solo Mau Jadi Simpanan Om-Om

Sebagai informasi, kartu pos merupakan selembar kertas tebal berbentuk persegi panjang kira-kira 9 cm x 14 cm yang digunakan untuk mengirim pesan tanpa amplop. Kartu pos dapat berisi tulisan, gambar, dan foto. Salah satu komunitas yang masih aktif mewadahi anggota untuk berkirim kartu pos yaitu Postcrossing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya