SOLOPOS.COM - Tenaga kesehatan (nakes) RSUD Karanganyar menerima suntikan vaksinasi booster kedua Covid-19 di rumah sakit setempat, Senin (8/8/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Vaksin Covid-19 di Kabupaten Karanganyar mulai langka. Warga kesulitan mencari vaksin tersebut. Sementara itu, data Covid-19 per Selasa (18/10/2022) terdapat 26 kasus aktif dengan 3 di antaranya kasus baru. Kemudian ada empat pasien sembuh dan satu pasien meninggal dunia.

Kepala Puskesmas Tasikmadu Bayu Patria mengatakan ketersediaan vaksin sudah kosong sejak pertengahan bulan ini. Banyak warga yang menanyakan vaksinasi Covid-19 di puskesmas. Mayoritas pencari vaksin untuk syarat perjalanan menggunakan moda transportasi umum.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Sudah kosong lama. Banyak yang tanya vaksin ke Puskesmas, tapi kosong,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu (19/10/2022).

Kekosongan vaksin ini hampir merata di wilayah Kabupaten Karanganyar. Pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan vaksin Covid-19 kembali tersedia. Terakhir ketersediaan vaksin Covid-19 di Puskesmas Tasikmadu ada 100 dosis di pertengahan bulan ini. Itupun telah dipergunakan seluruhnya untuk vaksin dosis 1 dan 2 serta vaksin booster pertama.

Baca Juga: 40,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa

“Bagi masyarakat yang tanya vaksin ada di mana, sampai kita tidak bisa jawab. Karena hampir semuanya kosong,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwanti, juga menyampaikan hal serupa. Tidak tersedianya vaksin Covid-19 karena memang tidak ada suplai dari pemerintah pusat.

“Vaksin ini dikirim dari Pemerintah. Kita tunggu kiriman dari Pemerintah Provinsi Jateng dan saat ini memang kondisinya kosong,” katanya.

Merujuk data Dinkes Karanganyar, capaian vaksinasi hingga Selasa ada 726.142 orang telah divaksin dosis I atau 89,08% dari jumlah sasaran 815.187 orang. Dosis kedua 683.646 orang atau 83,86% dan booster pertama (dosis ketiga) ada sebanyak 200.994 orang atau 30,94%.

Baca Juga: Hampir Separuh Nakes di Karanganyar Sudah Dapat Vaksin Booster Kedua

Sementara capaian vaksinasi dosis keempat bagi tenaga kesehatan mencapai 63,47% atau 2.177 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya