SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN — Kasus pencurian laptop dengan modus diganti dengan buku di dalam bus di wilayah Klaten yang viral di media sosial berakhir damai. Korban memilih tidak meneruskan perkara itu lantaran tak ingin ribet dan laptop miliknya juga sudah kembali.

Dari informasi yang dihimpun Solopos.com, korban yang merupakan warga Malang, Jawa Timur, dalam perjalanan dari Malang menuju Jogja untuk menemui temannya. Dia menumpang bus dari Malang yang berangkat Rabu (21/2/2024) pukul 17.00 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Korban membawa laptop untuk urusan pekerjaan. Bus yang ditumpangi sempat berhenti di rest area Sragen untuk makan malam. Sebelum turun, korban mengecek tas dan laptopnya masih ada. Perjalanan kemudian berlanjut menuju Jogja.

Ketika tiba di Terminal Ir Soekarno Klaten sekitar pukul 23.00 WIB, bus berhenti untuk menurunkan sejumlah penumpang. Korban kemudian mengecek kembali laptop di dalam tas di bawah tempat duduk. Saat dicek, di dalam tas hanya berisi buku bacaan.

Korban sontak meminta sopir dan kondektur bus mengecek barang bawaan penumpang lainnya. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata di dalam tas milik salah satu pelaku yang berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur, didapati laptop terbungkus tas kresek.

Sementara di tas milik teman pelaku ada buku yang sama dengan buku di dalam tas korban. Belakangan diketahui, sebelumnya para pelaku duduk di kursi di belakang korban.

Atas kejadian itu, kedua pelaku kemudian dibawa petugas terminal ke Polres Klaten. Namun, korban enggan melanjutkan perkara tersebut dengan sejumlah pertimbangan.

“Korban tidak mau melanjutkan perkara tersebut mengingat beberapa pertimbangan antara lain laptop sudah kembali dan korban dengan kesibukannya tidak menginginkan proses berlarut-larut yang memakan waktu baginya,” kata Kapolres Klaten, AKBP Warsono, melalui Kasi Humas Polres Klaten, AKP Abdillah, Kamis (22/2/2024).

Abdillah mengatakan korban hanya menuntut pelaku untuk membuat pernyataan tidak akan mengulang kembali perbuatannya serta diberikan sanksi wajib lapor ke polisi.

Koordinator Terminal Ir Soekarno Klaten, Marjono, mengungkapkan peristiwa pencurian laptop itu terjadi di dalam bus jurusan Malang-Cilacap. Laporan terkait peristiwa itu diterima Marjono pada Kamis (22/2/2024) dini hari sekitar pukul 00.45 WIB.

“Bus melintas di Klaten dan ada penumpang yang turun di Terminal Klaten. Ternyata ada yang laptopnya hilang dicuri sesama penumpang kemudian pelaku ditangkap. Petugas terminal kemudian menghubungi Polres Klaten dan yang terduga dibawa ke Polres,” jelas Marjono.

Video saat penumpang yang diduga mencuri laptop itu turun dari bus sempat viral setelah diunggah di akun @infocegatanklaten, Kamis. Dalam video yang diunggah akun tersebut terlihat suasana di dalam bus dan sejumlah penumpang beradu mulut.

Maling tertangkap di bus , sindikat nuker laptop dengan buku , menurut informasi ketangkep neng Klaten,” tulis keterangan unggahan video tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya