SOLOPOS.COM - Kampung Batik Kauman, Solo, akan menggelar bazar. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Warga Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, akan mengadakan bazar batik pada 23 April-12 Mei 2022. Para pelaku usaha setempat bakal berlomba menyediakan promo dan menyisihkan hasil penjualan untuk kegiatan sosial.

Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman, Gunawan Setiawan, menjelaskan bazar ini digelar untuk menyambut para tamu pada libur Lebaran 2022. Seluruh potensi kampung akan dikerahkan untuk memeriahkan bazar tersebut, antara lain dengan produk batik, kerajinan tangan, dan kuliner.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Konsepnya tidak di satu tempat, namun memanfaatkan toko-toko di Kauman. Pelaku usaha yang terlibat diberikan tanda semacam payung. Tanda itu menunjukan toko memberikan program diskon pada bazar,” kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (16/4/2022).

Dia mengatakan hingga Jumat (15/4/2022) sudah ada 20-an pelaku usaha yang bergabung dan akan terus bertambah. Beberapa anggota IKM Kampung Wisata Batik Kauman telah menyiapkan produk dengan desain khusus Lebaran.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Batik Prabuseno Bagikan Batik di Jalan

Ada satu showroom yang disiapkan untuk memamerkan produk dari 30 anggota. Ruang tersebut disediakan bagi pelaku usaha dengan tempat berjualan terbatas atay lokasinya kurang strategis di Kauman.

Selain toko batik dan kerajinan tangan, lanjut Gunawan, para pemilik kafe maupun pelaku usaha kuliner setempat juga akan terlibat memeriahkan bazar. Paguyuban mendapatkan dukungan dari Baznas Solo, Bank Syariah Indonesia, Pemkot Solo melalui Pemerintah Kelurahan Kauman, Syarikat Dagang Kauman, Pengusaha Muda Kauman, dan Kuliner Halal Kauman.

“Sebagian hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan sosial yang dikelola Baznas. Bank Syariah Indonesia menyediakan fasilitas QRIS untuk pembayaran non-tunai,” paparnya.

Baca Juga: Wow! Pedagang Batik Solo Ngaku Raup Untung Berlipat dari Jualan Online

Gunawan mengatakan berharap bazar bertajuk Bakdan Ning Kauman Solo tersebut mampu menarik pengunjung. Lokasi Kauman strategis di dekat Jl. Slamet Riyadi. “Ini merupakan kegiatan pertama. Kalau sukses bisa menjadi kegiatan tahunan warga Kauman,” jelasnya.

Lokasi bazar juga mudah diakses penumpang Bus Werkudara Solo, kereta uap, dan mobil listrik wisata Solo.

Lebih jauh Gunawan mengungkapkan Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pelaku usaha di Kauman. Produk batik bukan barang esensial. Tidak ada kegiatan berkumpul yang mengharuskan warga memakai batik selama pandemi, misalkan menghadiri resepsi pernikahan.

“Pemerintah sudah membuka pelonggaran aturan sangat diapresiasi walaupun dengan kondisinya mlaku timik-timik [berjalan pelan] kami bersemangat mengejar ketertinggalan dua tahun,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya