SOLOPOS.COM - Perwakilan dari PT Pos Indonesia Sragen, Susilo, berfoto bersama bingkisan paket anak-anak KB-TK Islam Terpadu Az-Zahra Sragen, Selasa (11/4/2023). (Istimewa/KB-TKIT Az-Zahra Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — KB-TK Islam Terpadu Az-Zahra Sragen punya cara unik untuk mengisi Bulan Suci Ramadan dengan kegiatan bermanfaat. Salah satu ya adalah berbagi takjil yang dikirim melalui Kantor Pos pada Selasa (11/4/2023).

Hal ini dilakukan oleh sekitar 260 siswa KB-TKIT Az-Zahra Sragen yang membuat mobil boks PT Pos Indonesia langsung penuh. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di tiga kampus KP-TKIT Az-Zahra Sragen dengan mendatangkan petugas PT Pos.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Anak-anak sangat antusias melaksanakan proses pengiriman paket takjil mereka. Proses itu dimulai sejak Senin (10/4/2023) di mana para siswa membawa isi takjil ke sekolah. Kemudian para siswa mengemas takjil tersebut sebagus mungkin dibantu para guru kelas.

Paket tersebut lantas diberi identitas siswa selaku pengirim dan nama salah satu teman sekelas sebagai penerima paket tersebut. Baru pada Selasa mereka mengirimkan paket tersebut.

Sebelum diserahkan kepada petugas Pos, anak-anak menimbang paket mereka.  Kemudian petugas mengangkut bingkisan-bingkisan tersebut untuk dimasukkan ke dalam mobil. Dan Lagi-lagi anak-anak dengan penuh semangat berebut untuk membantunya. Terlihat mobil pos penuh dengan bingkisan-bingkisan rapi milik anak-anak Az-Zahra.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengisi kegiatan bulan suci Ramadhan yaitu berbagi takjil sekaligus untuk mengenalkan anak-anak bagaimana proses kita mengirim paket di Kantor Pos. Dan tentu ini akan memberikan kesan berbeda Pada anak-anak saat menantikan dan menerima paketan dari temannya,” ujar Darwati selaku ketua panitia sekaligus Waka Kurikulum KB-TKIT Az-Zahra Sragen.

Kegiatan berbagi paket takjil kepada teman melalui Pos, menurutnya, bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter Islami. Karakter yan dimaksud adalah sayang teman dan menjadi anak yang suka berbagi. “Sebagaimana dalam hadis Nabi  yang menyebutkan almuslimu akhul muslim, muslim itu bersaudara dengan muslim lainnya,” kata Darwati.

Pihak sekolah berharap melalui kegiatan ini murid KB dn TKIT Az-Zahra menjadi anak yang berakhklak mulia sesuai profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Antusiasme bukan hanya dirasakan oleh siswa, tapi juga orang tua mereka. “Subhanallah, cantik-cantik paketnya. Anak-anak di rumah nunggu dengan penuh harap. Semoga lekas sampai,” ujar Titik, salah satu wari murid.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk orang lain, bahwa berbagi itu menyenangkan dan bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya