SOLOPOS.COM - Warga menonton bangkai sepeda motor dan gerobak siomay yang terbakar di Jl. Boyolali-Logerit, Desa Butuh, Mojosongo, Boyolali, Kamis (17/11/2016). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Kebakaran Boyolali, gerobak dan sepeda motor pedagang siomay keliling terbakar.

Solopos.com, BOYOLALI — Seorang pedagang mi gulung dan siomay keliling, Sartono, 31, warga Dukuh Grenjeng, Desa Metuk, Mojosongo, Boyolali, kehilangan sarana mencari penghasilan setelah sepeda motor dan gerobaknya terbakar, Kamis (17/11/2016).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Gerobak siomay berikut sepeda motornya terbakar di jalan Boyolali-Logerit, Desa Butuh, Mojosongo, sekitar pukul 12.30 WIB. Sartono mengatakan siang itu dia sedang dalam perjalanan menuju SMP 4 Mojosongo.

“Ya, saya dari MI Kragilan mau pindah berjualan ke SMP 4 Mojosongo. Kebetulan saat di MI Kragilan, dagangan cukup laris. Jadi saat itu regulator elpijinya saya perbesar,” kata Sartono, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis sore.

Dia buru-buru menuju SMP 4 Mojosongo sampai lupa mengecilkan lagi regulator tabung gas. Di sepanjang perjalanan dia sudah beberapa kali merasa tidak nyaman dengan hawa panas dari bagian belakang sepeda motor di mana gerobak siomay terpasang.

“Awalnya, kaki saya terasa panas, tapi tidak saya hiraukan karena saya kira dari knalpot. Terus kok lama-lama panas kanan kiri, saya lihat ke bawah kok ada api menyala. Akhirnya saya tengok ke belakang ternyata gerobak sisi kanan tempat kompor itu terbakar,” papar Sartono.

Dia pun langsung menghentikan laju motornya. Saat itu dia panik. Dia berusaha menyelamatkan tabung elpiji. Dia berniat menyelamatkan sepeda motornya juga dari amukan api.

Tapi, tali yang mengikatkan gerobak ke sepeda motornya sangat banyak dan kencang. Dia pun kesulitan melepas ikatan tali.

“Saat itu saya khawatir kalau apinya sampai ke tangki bensin. Bahaya kalau meledak badan saya bisa kena, akhirnya saya menjauh saja sampai kobaran api kian besar dan membakar sepeda motor,” tutur dia.

Apinya cukup besar bahkan helm yang dia letakkan dua meter dari sepeda motor juga ikut terbakar. Rumput-rumput di tepi jalan juga ikut terbakar. Saat kejadian, tidak banyak warga yang melintas.

“Ada yang melintas tapi mungkin dia juga bingung mau bagaimana caranya menolong.”

Dia pun pasrah. Dia menyaksikan bagian per bagian motor Jamus berpelat nomor AD 2708 DD rontok dan hangus dimakan api. “Mungkin sampai 30 menit api berkobar menghabiskan seluruh barang dagangan dan motor saya.”

Dia menduga sumber api dari kompor yang kemudian membakar kerangka gerobak yang terbuat dari kayu. Api pun dengan mudah membakar kotak gerobak yang terbuat dari seng.



Beruntung Sartono tak mengalami luka sedikit pun. Setelah api padam, dia pun pulang dijemput istrinya. “Kerugian saya perkirakan Rp4 jutaan.”

Berjualan mi gulung dan siomay keliling menjadi mata pencaharian utamanya sejak tiga bulan terakhir. Dia biasa berjualan dari pukul 06.30 WIB hingga 15.30 WIB dengan rata-rata penghasilan Rp50.000-Rp60.000 per hari.

Akibat tragedi kebakaran kemarin, dia belum tahu apa yang akan dia lakukan selanjutnya. Dia butuh waktu untuk mengumpulkan kembali modal berjualan.

“Belum lagi saya harus mengganti motor teman saya itu. Motor yang saya pakai untuk jualan sebenarnya motor pinjaman. Kami baru saja beli motor second, tadi niatnya mau saya pakai, tapi enggak jadi. Eh, malah kebakaran,” ujar bapak tiga anak tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

JNE Content Competition 2024 Berhadiah Ratusan Juta Rupiah Digelar, Yuk Daftar!

JNE Content Competition 2024 Berhadiah Ratusan Juta Rupiah Digelar, Yuk Daftar!
author
Rohmah Ermawati Kamis, 2 Mei 2024 - 12:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - JNE Content Competition 2024 kembali digelar. (Istimewa/JNE)

Solopos.com, SOLO–Sebagai perusahaan yang lahir dari karya anak bangsa, JNE mengapresiasi semangat kreativitas anak-anak negeri yang berani berkarya dan membuat perbedaan.

Sejalan dengan semangat itu, JNE kembali menggelar ajang JNE Content Competition 2024 untuk menjadi wadah serta upaya kolektif dalam mengembangkan semangat kreativitas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

JNE Content Competition 2024 kembali digelar mulai 29 April hingga 30 Juni 2024. Menginjak tahun ke-11, ajang ini mengusung tema Gasss Terus Semangat Kreativitasnya! yang dimaknai sebagai Energi, Semangat, Maju, dan Inovasi menemani perjalanan JNE lebih dari tiga dekade.

Peserta dapat melakukan pendaftaran dan persyaratan dalam kompetisi yang akan dilakukan melalui link berikut https://jnewsonline.com/jnecom24/.

Koran Solopos

Media Communication Dept Head JNE, Kurnia Nugraha, mengatakan kompetisi ini merupakan bagian dari kontribusi JNE untuk menciptakan talenta baru yang memiliki kreativitas yang dituangkan melalui karya penulisan, desain, fotografi dan videografi.

“JNE bukan hanya bergerak di bidang bisnis kiriman saja, kami ingin menjadi sebuah penghubung kebahagiaan sesuai dengan tagline Connecting Happiness,” jelasnya melalui keterangan resmi yang dikutip Kamis (2/5/2024).

Pada tahun-tahun sebelumnya, ajang ini diperuntukkan bagi rekan-rekan media saja. Namun, dengan melihat tingginya animo masyarakat, JNE membuka peluang bagi peserta umum, pelajar, dan mahasiswa.

Emagazine Solopos

“Dengan dibukanya kategori umum, kompetisi tersebut dapat diikuti lebih banyak orang dari berbagai kalangan. Kami berharap tahun ini dapat bertambah lagi para peserta yang ingin mendaftar,” imbuh Kurnia.

Penilaian hasil karya peserta pada tahun ini akan melibatkan Maman Suherman sebagai juri kategori karya tulis, Martha Suherman sebagai juri kategori karya fotografi, Rio Purba sebagai juri kategori karya desain grafis, dan Dmaz Brodjonegoro sebagai juri kategori karya video.

Dia menegaskan kompetisi ini dapat diikuti berbagai kalangan, mulai dari karyawan JNE, pelajar/mahasiswa, hingga masyarakat umum serta para jurnalis.

Interaktif Solopos

Maman Suherman sebagai dewan juri kategori karya tulis mengungkapkan terima kasih kepada JNE yang kembali menyelenggarakan kompetisi ini.

“Kami sebagai dewan juri tidak hanya menilai sebuah karya, kami juga melakukan roadshow ke beberapa kampus untuk dapat menyampaikan ilmu serta menjelaskan ajang JNE Content Competition dan kategori apa saja yang dapat mereka karyakan. Tidak hanya berhenti dalam lomba saja, tetapi hasil karya kalian dapat dijadikan sebuah kolaborasi bersama JNE,” ungkapnua.

Tahun ini, rangkaian JNE Content Competition akan diwarnai dengan campus roadshow ke sejumlah universitas di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Telkom University dengan tujuan memberikan motivasi sekaligus ruang kreatif bagi anak muda Indonesia untuk terus berkarya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Diantar Seratusan Kader PDIP, Her Suprabu Daftar Bakal Cawali Solo 2024

Diantar Seratusan Kader PDIP, Her Suprabu Daftar Bakal Cawali Solo 2024
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Kamis, 2 Mei 2024 - 12:28 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu, menggandeng tangan istrinya, Retnaningdiyah Rosalina Alba, dan diiringi pimpinan lima PAC PDIP di Solo, saat mendaftarkan diri sebagai bakal Cawali Solo, Kamis (2/5/2024) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Kota Solo, Her Suprabu, mendaftarkan diri sebagai bakal Cawali Solo, ke DPC PDIP Solo, Kamis (2/5/2024) siang.

Dia berjalan kaki dari Girly Corner Pucangsawit, Jebres, menuju Kantor Sementara DPC PDIP Solo, didampingi sang istri, Retnaningdiyah Rosalina Alba. Her yang mengenakan kemeja merah PDIP bergandengan tangan dengan istri diiringi seratusan pendukungnya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Seperti pimpinan PAC PDIP di Solo seperti Honda Hendarto (Ketua PAC PDIP Jebres), Misgiman (Sekretaris PAC PDIP Pasar Kliwon), Ronny Kamtoro (Ketua PAC PDIP Serengan), Widhiarso (Ketua PAC PDIP Laweyan), serta Joko Santoso (Ketua PAC PDIP Banjarsari).

Ada juga struktur organisasi badan dan sayap DPC PDIP Solo, Anggota Fraksi PDIP DPRD Solo, Satgas PDIP, dan para kader berlambang kepala banteng moncong putih. Di Kantor Sementara DPC PDIP Solo, Her Suprabu diterima oleh Tim Penjaringan Bakal Cawali-Cawali.

Koran Solopos

Dalam kesempatan itu Her langsung menyerahkan formulir pendaftaran yang sudah dia persiapkan sebelumnya. Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional, dia ingin proses politik menuju Pilkada Solo 2024 menjadi pendidikan politik yang baik untuk masyarakat.

“Kebetulan hari ini 2 Mei 2024 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, dan dalam politik itu kan juga proses pendidikan. Harapannya Pilkada Solo 2024, masyarakat bisa berproses politik dengan baik dan belajar berpolitik dengan baik,” ungkap dia.

Her bertekad untuk memperjuangkan ideologi Pancasila, dan kembali mendudukkan kadernya sebagai Wali Kota dan Wawali Solo. Ihwal mendaftarkan sebagai bakal Cawali Solo, dia menilai sudah saatnya. Sebab pada 2015 dia sudah mendaftar posisi bakal Cawawali.

Emagazine Solopos

“Kebetualan di 2015, saya ikut penjaringan sebagai Cawawali. Lha ini sudah 10 tahun, naik menjadi bakal Cawali,” terang dia. Tapi Her menyerahkan keputusan siapa yang akan mendapat rekomendasi kepada DPP PDIP. Dia pun siap mendukung dan memenangkannya.

“Apa pun hasilnya, kami berikhtiar, ikut proses di partai. Siapa pun rekomendasi DPP, kami menghormati. Yang pasti berjuang maksimal, harapannya partai memutuskan yang terbaik, siapa pun yang direkomendasi, mendukung dan memenangkan,” urai dia.

Disinggung banyaknya rombongan yang mengantar dan memberikan dukungan, menurut Her karena ada imbauan dari Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. “Mengimbau, bukan instruksi. Teman-teman PAC, ranting se-Solo agar bisa mengantarkan,” terang dia.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Dorong Sertifikasi Usaha Mikro, KemenkopUKM Memperkuat Sinergi Lintas Sektor

Dorong Sertifikasi Usaha Mikro, KemenkopUKM Memperkuat Sinergi Lintas Sektor
author
Rohmah Ermawati Kamis, 2 Mei 2024 - 12:12 WIB
share
SOLOPOS.COM - Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Yulius. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) terus berkomitmen dan mengambil langkah-langkah strategis untuk memperkuat ekosistem usaha mikro di Indonesia. Salah satunya melalui sinergi lintas sektor dalam mendorong sertifikasi produk bagi para pelaku usaha mikro.

Deputi Bidang Usaha Mikro KemenkopUKM Yulius menegaskan perlunya memperkuat sinergi lintas sektor, demi meningkatkan jumlah perizinan usaha dan standardisasi produk di kalangan usaha mikro.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Komunikasi serta sosialisasi yang efektif tentang pentingnya sertifikasi dan standardisasi produk menjadi kunci utama dalam memperkuat ekosistem usaha mikro,” jelasnya dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis (2/5/2024).

Koran Solopos

Yulius menyoroti sebagai pemangku kepentingan baik dari pusat maupun daerah harus terus berkolaborasi dan melakukan berbagai kesepakatan, terkait dalam memfasilitasi penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi produk halal, nomor izin edar, serta hak merek dagang bagi usaha mikro.

KemenkopUKM juga sedang mendorong percepatan sertifikasi halal pada rumah potong hewan/unggas, mengingat mulai berlakunya keharusan sertifikasi halal bagi produk makanan, minuman, hasil sembelihan, dan jasa penyembelihan pada 18 Oktober 2024.

Langkah ini, lanjut Yulius, sejalan dengan upaya meningkatkan kesadaran para pelaku usaha mikro terhadap pengurusan hak kekayaan intelektual dan keamanan pangan.

Emagazine Solopos

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories