SOLOPOS.COM - Dapur dan kandang kambing milik warga Giritirto, Wonogiri, terbakar, Sabtu (15/7/2023). (Istimewa/Ayip Donni)

Solopos.com, WONOGIRIKebakaran melalap dapur dan kandang ternak milik warga Bauresan, Giritirto, Wonogiri, Sabtu (15/7/2023). Akibatnya, dua ekor kambing mati terpanggang.

Kebakaran disebabkan pembakaran sampah. Petugas Pemadam Kebakaran Wonogiri, Ayip Donni, mengatakan kejadian bermula saat pemilik rumah membakar tumpukan sampah di dekat kandang kambing di belakang rumah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Api dari pembakaran sampah itu kemudian merembet ke kandang yang terbuat dari kayu. Menurut Donni, api membesar dengan sangat cepat. Tidak hanya kandang, dapur rumah milik warga bernama Yurohtul itu juga hangus terbakar.

Petugas Damkar Wonogiri mendapatkan laporan kejadian kebakaran di Giritirto tersebut pada pukul 11.30 WIB dan tiba di lokasi lima menit kemudian. Sesampainya di lokasi, api di kandang dan dapur masih menyala.

Petugas Damkar segera memadamkan api yang berkobar di kandang ternak dan dapur. Api baru bisa dipadamkan setelah lebih kurang 30 menit proses pemadaman.

“Tidak ada korban jiwa manusia. Tetapi dua ekor kambing terbakar dalam peristiwa tersebut,” kata Donni kepada Solopos.com, Minggu (16/7/2023).

Dia melanjutkan proses pemadaman juga dibantu warga sekitar. Adapun total kerugian ditaksir lebih dari Rp15 juta. Menurut Donni, kejadian kebakaran yang dipicu karena pembakaran sampah sudah sering terjadi di Wonogiri.

Oleh karena itu, warga diimbau hati-hati ketika membakar sampah. Jangan membakar sampah di dekat bangunan terlebih bangunan dengan bahan konstruksi yang mudah terbakar. Dia menyarankan agar sampah dibuang di tempat semestinya.

“Ini adalah kejadian kebakaran kedua di wilayah kota dalam kurun waktu dua jam. Sebelumnya mobil Carry Pick Up terbakar di Desa Bulusulur,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya