SOLOPOS.COM - Api berkobar dalam kebakaran hutan Gunung Gandul, Giripurwo, Wonogiri, Minggu (13/8/2023) malam. (Istimewa/Joko Santoso)

Solopos.com, WONOGIRI — Kebakaran lahan terjadi di wilayah hutan Gunung Gandul, Giripurwo, Wonogiri, Minggu (13/8/2023) malam. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut tetapi api berhasil dipadamkan meski terkendala air.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri, Joko Santoso, mengatakan hutan Gunung Gandul yang terbakar masuk wilayah Gerdu, Giripurwo. Kebakaran diketahui warga pada Minggu petang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sejumlah warga, relawan, Damkar, dan aparat kepolisian berupaya memadamkan api yang merembet dan membesar. Joko menyebut pemadaman dilakukan bersama-sama bergotong royong menggunakan alat sederhana tanpa air.

Lokasi kebakaran jauh dari akses air. Mereka memadamkan api dengan cara memukul menggunakan dahan dan ranting. “Lokasinya di tengah hutan. Jauh dari akses air. Tidak mudah dijangkau juga. Kami hanya memadamkan api pakai dahan ranting,” kata Joko kepada Solopos.com, Senin (14/8/2023).

Kendati begitu, lanjut dia, kobaran api dalam kebakaran hutan Gunung Gandul, Wonogiri, itu berhasil dipadamkan. Kebakaran tidak sampai merempat terlalu luas. Sebelum tengah malam, api dipastikan sudah selesai dipadamkan. 

“Sekarang sudah aman. Itu lokasinya di atas makam Gerdu. Saya pulang pukul 23.00 WIB sudah tidak ada api lagi di sana. Tetapi penyebab kebakaran belum diketahui,” ujar dia.

Menurut Joko, saat kemarau seperti sekarang ini memang rawan terjadi kebakaran lahan atau hutan. Kayu dan dedaunan di lahan menjadi kering sehingga mudah terbakar.

Oleh karena itu dia meminta warga agar hati-hati ketika melakukan pembakaran sampah, terutama di wilayah dekat hutan atau di dalam hutan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Trias Budiono, menyampaikan kebakaran di hutan Gunung Gandul berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 21.00 WIB. Api membakar rumput-rumput ilalang.

Kobaran api tidak terlalu besar tetapi merembet. Beruntung relawan dan Damkar Wonogiri berhasil memutus rambatan sehingga api tidak meluas. Menurutnya, luas lahan yang terbakar sekitar enam hektare.

“Kemarin malam kami bareng-bareng dengan warga dan pihak terkait lainnya mencoba memadamkan api. Api sempat merambat tetapi bisa dikendalikan. Lokasinya dekat dengan area parkir wisata Hutan Gunung Gandul. Sekarang sudah aman,” kata Trias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya