SOLOPOS.COM - Petugas Unit Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo memadamkan api di Gudang Arsip Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) Sukoharjo yang terbakar pada Sabtu (8/1/2022) malam. (Istimewa/Unit Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kebakaran melanda gudang arsip miliki Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) Sukoharjo, Sabtu (8/1/2022) malam. Meskipun begitu, arsip-arsip penting yang disimpan di Gedung Disarpusda Sukoharjo dipastikan aman dan tidak ikut terbakar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Minggu (9/1/2022), laporan kebakaran diterima personel pemadam kebakaran Satpol PP Sukoharjo yang bersiaga pada pukul 18.40 WIB. Personel pemadam kebakaran langsung ke lokasi dengan respons tim cepat lantaran lokasi yang tidak jauh dari Mako Unit Pemadam Kebakaran.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Video Kericuhan Saat Warga Antre Pembagian KKS di Sukoharjo Viral

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono, mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran yakni sampah yang dibakar di belakang gedung menjalar sampai ke gudang arsip. Api bisa dikendalikan sekitar pukul 19.30 WIB. Akibat kebakaran gudang arsip Disarpusda Sukoharjo tersebut, Margono mengatakan kerugian yang dialami diperkirakan sekitar Rp8 juta.

“Api membakar hingga 80 persen bangunan gudang. Kami belum tahu sebabnya, kemungkinan karena sampah yang dibakar. Kerugian meliputi terbakarnya bangunan, kertas arsip, dan satu unit motor roda tiga. Dalam kejadian ini beruntung tidak ada korban jiwa,” jelasnya kepada Solopos.com.

Baca Juga: Desa Sapen Sukoharjo Kini Punya Lumbung Pangan, Ini Harapan Bupati Etik 

Sementara itu, Kepala Disarpusda Sukoharjo, Sumarno, mengatakan tidak ada arsip penting yang terbakar dalam kejadian tersebut. Api tidak sampai merembet ke gedung utama kantor dinas dan hanya mengenai gudang tempat kertas dan barang tak terpakai.

Lokasi gudang yang terbakar terpisah dari gedung utama. “Gedung utamanya masih aman dan tidak terkena api. Karena gudangnya itu bangunannya terpisah berada di luar gedung induk. Tapi memang ada kendaraan roda tiga yang ikut terbakar. Tapi kendaraan itu sudah rusak dan tidak terpakai lagi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya