SOLOPOS.COM - Pemilik rumah menunjukkan atap rumahnya di Purwonegaran RT 002/RW 005 Sriwedari Laweyan Solo, Rabu (8/11/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Kobaran api melalap atap bangunan rumah di lantai dua di Kampung Purwonegaran, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Rabu (8/11/2023) sekitar pukul 01.00 WIB. Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Rabu, asap hitam mengepul dari atap bangunan rumah di Kampung Purwonegaran, Kelurahan Sriwedari. Kobaran api melalap atap rumah di lantai dua. Tanpa dikomando, warga setempat langsung melaporkan kejadian itu ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Beberapa saat kemudian, petugas damkar tiba di lokasi kebakaran dan segera memadamkan kobaran api. “Jadi bangunan rumah yang terbakar di lantai dua. Hanya atap rumah yang terbakar. Tidak sampai merembet karena langsung dipadamkan petugas damkar,” kata Lurah Sriwedari, Katarina Chrisdaryani, Rabu.

Menurut Katarina, proses pemadaman kebakaran berlangsung cepat. Petugas damkar menyemprotkan air ke bagian atap bangunan rumah di lantai dua. Kobaran api langsung bisa dijinakkan petugas damkar.

Kepala Dinas Damkar Solo, Sutarja menyampaikan kebakaran yang melalap atap bangunan rumah di lantai dua tergolong kecil. Kobaran api belum menjalar ke bagian rumah lainnya lantaran petugas damkar langsung berupaya memadamkan kobaran api. Proses pemadaman berlangsung sekitar 30 menit.

Saat kejadian, ada warga yang pulang kerja melihat kepulan asap yang berasal dari atap rumah di lantai dua. Dia langsung memberi tahu pemilik rumah dan melaporkan kejadian itu ke Dinas Damkar Solo. “Tugas kami hanya memadamkan kobaran api sampai benar-benar padam. Kalau soal penyebab kebakaran wewenang kepolisian,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolsek Laweyan, Kompol Dani Herlambang, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan polisi menerima laporan kebakaran pukul 05.00 WIB. Petugas langsung mendatangi lokasi kebakaran untuk memeriksa sejumlah saksi.

Namun demikian, belum bisa disimpulkan penyebab kebakaran di bagian atap rumah lantai dua. “Petugas tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 05.00 WIB. Untuk penyebab kebakaran masih didalami oleh Satreskrim Polresta Solo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya