SOLOPOS.COM - Pantauan kebakaran hutan dan lahan Gunung Lawu dari Kelurahan Plaosan, Kecamatan Plaosan, Magetan, Rabu (18/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu wilayah Jawa Timur masih terjadi dan meluas ke jalur pendakian via Cemara Sewu, Kabupaten Magetan. Sementara itu, relawan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, turut mengantisipasi membuat sekatan-sekatan untuk mencegah api meluas.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar, Juli Padmi Handayani, mengatakan saat ini masih terjadi kebakaran di lereng Gunung Lawu wilayah Jawa Timur. Menurutnya, lokasi kebakaran tersebut masih cukup jauh dari wilayah Kabupaten Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun demikian untuk mengantisipasi api meluas, warga dan relawan asal Kabupaten Karanganyar ikut melakukan penyekatan di luar area kebakaran. “Di sana [Jawa Timur] kan apinya masih ada dan sebenarnya masih jauh, tapi dari sini (Karanganyar) ada yang naik untuk membuat sekatan agar api tidak meluas,” ujarnya, Kamis (19/10/2023).

Hal tersebut merupakan bagian dari pemantauan kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu. Pemantauan kebakaran hutan dilakukan di tiga lokasi, yakni jalur Cemara Kandang, jalur Cetho, dan kawasan paralayang di Kecamatan Ngargoyoso.

Sementara itu, dua titik asap di wilayah Karanganyar saat ini tinggal satu. “Yang satu titik di utara sudah padam, yang selatan asapnya masih terlihat timbul tenggelam. Kami pantau terus,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, dua titik asap kembali muncul di hutan Gunung Lawu setelah kebakaran hebat melanda beberapa hari lalu. Hal itu langsung ditindaklanjuti tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan sukarelawan Kabupaten Karanganyar dengan melakukan penyusuran dan pemantauan.

Juli mengatakan pemantauan langsung ke lokasi sudah dilakukan untuk memastikan tidak adanya api yang dapat menyulut kembali kebakaran Gunung Lawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya