SOLOPOS.COM - PETUGAS PEMADAM kebakaran dibantu warga sekitar memadamkan api di tumpukan jerami di kandang sapi milik Sukimun, 54, warga Dusun Tlogorejo RT 002/RW 001, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Selasa (24/7) pagi. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

PETUGAS PEMADAM kebakaran dibantu warga sekitar memadamkan api di tumpukan jerami di kandang sapi milik Sukimun, 54, warga Dusun Tlogorejo RT 002/RW 001, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Selasa (24/7) pagi. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI-Kandang sapi milik Sukimun, 54, Selasa (24/7) terbakar. Tiga ekor sapi milik warga Dusun Tlogorejo RT 002/RW 001, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Wonogiri itu selamat setelah warga melepas tali pengikatnya. Demikian juga karung berisi gabah berhasil dipindahkan ke samping rumah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi kejadian, nyala api kali pertama diketahui oleh tetangga korban bernama Sulardi sekitar 03.30 WIB. Api cepat membesar karena di dekat perapian terdapat tumpukan jerami dan kayu kering. “Saya usai makan sahur pergi ke kolah (kamar mandi) untuk menaruh piring. Begitu melihat ke arah barat kandang Pak Mun (Sukimun-red) terbakar. Api sudah membumbung ke atas.”

Sulardi pun membangunkan tetangga dan tuan rumah. Api berhasil dipadamkan warga bersama petugas pemadam kebakaran sekitar 05.30 WIB. “Suara seperti gempa, huwuk…huwuk…, ketika saya keluar api sudah menyala dan membakar tumpukan jerami,” sambung Tumini, tetangga korban.

Sedangkan Sukarmi, 50, pemilik rumah bercerita dua hari lalu, suaminya membakar kotoran sapi atau tlethong bermaksud membuat bediyan yakni membuat perapian agar nyamuk berkurang. Kepala Desa Pare, Selogiri, Waluyo Dwi Brasto yang berada di lokasi meminta warganya meningkatkan kewaspadaan seiring datangnya musim kemarau.

“Usai sahur tengok kembali kompor apakah benar-benar sudah mati. Demikian juga saat membuat bediyan agar memperhatikan keselamatan karena angin bertiup kencang.”

Berdasar catatan Solopos.com, dua pekan terakhir tercatat empat kejadian kebakaran terjadi di Selogiri dan Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya