SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Wonogiri berjibaku memadamkan kebakaran di pabrik kertas PT Prima Paper Indonesia di Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu (9/8/2023) malam. (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRIKebakaran hebat yang melanda pabrik kertas PT Prima Paper Indonesia di Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu (9/8/2023) sore, belum juga padam hingga pukul 21.55 WIB.

Pantauan Solopos.com di lokasi, api masih berkobar di beberapa lokasi pabrik yang berada cukup jauh dari permukiman penduduk di Alas Kethu tersebut. Api membakar bahan baku kertas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sejumlah personel pemadan kebakaran masih berupaya memadamkan api. Informasi yang dihimpun Solopos.com, setidaknya ada enam mobil damkar yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Tiga mobil dari Damkar Wonogiri dan tiga mobil damkar lainnya masing-masing dari Damkar Karanganyar, Sukoharjo, dan Solo. Alat berat ekskavator juga dikerahkan untuk mengeruk bahan baku kertas yang terbakar.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Kepala Desa Wonokerto, Suyatno, mengatakan kebakaran pabrik kertas di PT Prima Paper Indonesia itu diketahui sekitar pukul 17.00 WIB.

Kronologi kejadian belum diketahui secara persis. Yang jelas, Suyatno mengatakan kebakaran terjadi di bagian pabrik yang menyimpan bahan baku kertas. 

“Sampai saat ini [pukul 20.15 WIB] api belum bisa dipadamkan. Tapi sudah bisa dikendalikan. Yang terbakar bahan baku kertas,” kata Suyanto kepada Solopos.com melalui sambungan telepon, Rabu malam.

Dia menceritakan sejumlah personel Damkar Wonogiri tengah berupaya keras memadamkan api. Warga tidak boleh mendekat ke area kebakaran karena terlalu berbahaya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Kerugian materialnya belum bisa ditaksir. Ini masih proses pemadaman,” ucapnya. 

Dia menambahkan bagian pabrik yang terbakar cukup besar sehingga cukup sulit dipadamkan. Apalagi, material yang terbakar adalah material yang sangat mudah terbakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya