SOLOPOS.COM - Warga dan tim gabungan, Rabu (11/1/2023) membersihkan dahan pohon durian yang patan dan menimpa rumah warga di Dusun Manduk, RT 4/RW 3 Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Selasa (10/1/2023). (Istimewa/Bambang Rudianto)

Solopos.com, KARANGANYAR—Sebuah dahan pohon durian yang berbuah banyak patah dan menimpa rumah milik Darso, 69, di Dusun Manduk, RT 4/RW 3 Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Selasa (10/1/2023). Kejadian ini menyebabkan atap rumah yang dihuni lima orang tersebut runtuh.

Kepala Dusun Manduk, Bambang Rudianto, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu cuaca cerah, tidak terjadi hujan atau angin kencang. Tiba-tiba dahan pohon durian tersebut patah dan menimpa rumah Darso.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saat itu tidak hujan dan tidak ada angin tiba-tiba dahan pohon durian itu sempal [patah] dan menimpa rumah,” ujarnya, Rabu (11/1/2023).

Dia memperkirakan dahan pohon milik tetangga korban tersebut patah karena pohon tak kuat menahan beban berat buah durian yang jumlahnya banyak. “Kemungkinan karena dahannya penuh durian, jadi keberatan lalu patah menimpa rumah bagian ruang utama,” imbuhnya.

Beruntung, lima orang penghuni rumah yang tertimpa selamat dan tidak mengalami luka.

Sementara itu, warga setempat yang mengetahui peristiwa tersebut berdatangan untuk membantu menyingkirkan ranting-ranting dan barang yang bisa diselamatkan.

Sedangkan penghuni rumah dievakuasi ke rumah saudara mereka yang letaknya berhadapan dengan rumah tersebut.

“Tadi malam warga menyingkirkan ranting-ranting kecil. Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Karanganyar semalam juga ada di lokasi. Para penghuni rumah untuk sementara ini tinggal di rumah saudara mereka di depan rumah,” imbuh Kadus.

Pagi ini warga setempat beserta petugas dari tim gabungan dan sukarelawan bergotong-royong mengevakuasi dahan tersebut dan membersihkan lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya