SOLOPOS.COM - Ilustrasi Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Sukoharjo hingga Agustus 2023 telah mencapai 61,30% dari target Rp35 miliar. Sebanyak 33 desa di Sukoharjo telah lunas membayar PBB-P2.

">Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD) Sukoharjo, Richard Tri Handoko, Jumat (8/9/2023) mengatakan 33 desa yang telah lunas PBB-P2 tersebar di 7 kecamatan. Kecamatan Bulu menjadi satu-satunya kecamatan yang seluruh desanya telah lunas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Richard mengatakan, desa-desa yang telah lunas PBB-P2 memiliki karakteristik warga yang memiliki semangat gotong royong dan kesadaran tinggi menyelesaikan kewajibannya membayar pajak.

Desa yang telah melunasi PBB-P2:

  • Kecamatan Bulu: Bulu, Gentan, Kamal, Karangasem, Kedungsono, Kunden, Lengking, Malangan, Ngasinan, Puron, Sanggang, Tiyaran
  • Kecamatan Weru: Grogol, Karangtengah, Krajan, dan Jatingarang
  • Kecamatan Tawangsari: Pundungrejo, Watubonang, Kedungjambal, Dalangan, Pojok, Tangkisan, Ponowaren, Majasto, serta Tambakboyo.
  • Kecamatan Nguter: Tanjungrejo dan Juron
  • Kecamatan Polokarto: Kemasan, Kenokorejo, Bulu, serta Genengsari
  • Kecamatan Bendosari: Puhgogor
  • Kecamatan Mojolaban: Dukuh

Sementara 6 kecamatan lain di Kabupaten Jamu yang notabennya masuk dalam wilayah perkotaan justru belum tercatat memiliki desa lunas pajak PBB-P2.

BPKPAD Sukoharjo tengah menyasar penjemputan bola pada wajib pajak perkotaan yang dinilai paling sulit dan lama dalam proses pelunasan pembayaran PBB. Mereka juga meminta seluruh camat, kades, dan lurah untuk mengintensifkan sosialisasi sadar pajak dan penagihan PBB-P2 kepada wajib pajak.

Pemerintah terus berupaya memudahkan masyarakat untuk membayar PBB, di antaranya melalui Bank Jateng, Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Gopay, Bukalapak, OVO, Kantor Pos, Blibli, dan lainnya.

Capaian PBB-P2 tahun 2022 mencapai Rp42.192.493.988 dari target Rp35 miliar. Capaian tersebut setara dengan 120,55%. Selain itu pada 2022 lalu juga tercatat terdapat 102 desa lunas PBB sebelum jatuh tempo.

Pada kegiatan Panutan Pembayaran PBB-P2 tahun 2023, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menargetkan PBB-P2 2023 minimal lunas 90% dari 167 desa. Agar target itu tercapai, dia meminta surat pemberitahuan pajak terutang atau SPPT PBB-P2 harus segera disampaikan kepada masyarakat.

Dia juga meminta seluruh camat, kades serta lurah se-Kabupaten Sukoharjo untuk dapat mengintensifkan sosialisasi sadar pajak dan penagihan Pajak PBB-P2 kepada wajib pajak di lingkungannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya