SOLOPOS.COM - Bus Sahabat jurusan Cirebon-Solo terguling di parit di jalur Boyolali-Solo, tepatnya di SPBU Teras, Rabu (24/12). (Hijriyah Al Wakhidah /JIBI/Solopos)

Bus Cirebon-Solo mengalami kecelakaan dan terguling di Boyolali hingga rusak parah.

Solopos.com, BOYOLALI — Bus Sahabat jurusan Cirebon-Solo terguling di parit dan masuk ke sawah di jalan Solo-Semarang, tepatnya sebelah barat SPBU Teras, Rabu (24/12/2014) pagi sekitar pukul 04.30 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena saat itu bus tidak mengangkut penumpang. Bus Sahabat berpelat nomor E 7726 KA itu hanya berisi tiga awak, yaitu sopir, kernet, dan kondektur.

Akibat kecelakaan tersebut, bus mengalami kerusakan cukup parah. Kaca bagian depan bus dan samping kiri bus pecah. Saat terguling bus juga menabrak dua tiang rambu-rambu lalu lintas.

Sopir bus, Asep Andri, 30, saat ditemui Solopos.com, di lokasi kejadian menyampaikan kecelakaan itu terjadi karena dia ingin menghindari sepeda motor yang menyalip bus dari sisi kanan. “Motor itu nyalip dari kanan, tapi tiba-tiba motong badan jalan ke kiri. Saya tidak tahu motor itu mau masuk gang atau ke SPBU, tapi begitu kejadian motor itu malah kabur,” kata Asep.

Asep mengaku berusaha menghindari kecelakaan dengan motor namun justru bus yang dia kemudikan terguling ke parit. “Saya kaget, jarak motor dengan bus sangat dekat.”

Begitu kejadian petugas dari Satlantas Polres Boyolali melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan arus lalu lintas di jalur tersebut. Proses evakuasi bus yang terguling di parit itu cukup sulit. Sebuah mobil derek yang didatangkan tak sanggup mengangkat badan bus yang terguling cukup dalam. Alternatifnya bus berkapasitas 55 penumpang itu harus diangkat dengan crane.

Kapolres Boyolali, AKBP Budi Sartono, melalui Kasatlantas, AKP Demianus Palulungan, membenarkan penyebab bus terguling karena menghindari kecelakaan dengan sepeda motor yang ada di depan bus. Sopir banting setir ke kiri sehingga bus terguling ke parit. “Sopir juga diduga mengantuk,” kata Kasatlantas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya