SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan lalu lintas. (JIBI/Solopos/Dok.)

Kecelakaan Sukoharjo terjadi di ruas jalan Sukoharjo-Solo. Seorang sopir truk tewas tertimpa truk yang dikemudikannya.

Solopos.com, SUKOHARJO — Seorang sopir truk, Sunarto, 50, tewas tertimpa truknya yang terguling ke kiri di tepi Jl. Sukoharjo-Solo tepatnya depan RS Nirmala Suri, Sukoharjo, Kamis (1/1/2014) pukul 01.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Diduga kala itu korban warga Kendal RT 002/RW 007, Desa Girimarto, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, sedang mengganti ban belakang sisi kiri dengan menggunakan sarana dongkrak.

Pantauan Solopos.com di lokasi tangan Sunarto terlihat di bawah truk berpelat nomor AD 1897 AR bermuatan ribuan batang kayu yang terguling tersebut.

Petugas yang tiba di lokasi segera mengevakuasi korban. Namun, evakuasi berjalan lama karena petugas harus mengeluarkan muatan di bak truk terlebih dahulu sebelum digulingkan ke posisi normal.

Proses tersebut berlangsung lebih dari satu jam. Setelah ribuan balok kayu dapat dikeluarkan truk dapat digulingkan ke posisi normal.

Setelah truk digulingkan korban diketahui sudah meninggal dunia dengan kondisi mengenaskan.

Di sisi kiri truk terdapat dua ban truk yang sudah terlepas. Ada dongkrak tergeletak di atas tumpukan paving yang pecah. Sejumlah mur tergeletak dengan posisi terkumpul di dekat dongkrak.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Maryadi, saat ditemui Solopos.com di lokasi kejadian menyatakan peristiwa nahas yang dialami Sunarto bukan termasuk kecelakaan lalu lintas, tetapi kecelakaan umum.

Menurut dia, korban tertimpa truknya sendiri karena teledor. Dia menduga sebelum tertimpa Sunarto saat itu sedang mengganti ban belakang sisi kiri yang rusak dengan bantuan alat dongkrak.

“Dongkrak tersebut dioperasikan di atas paving. Setelah kedua ban terlepas kemungkinan paving alas dongkrak pecah. Akibatnya dongkrak terlepas lalu truk anjlok ke kiri. Hal itu menyebabkan beban truk terpusat di sisi kiri sampai akhirnya terguling ke kiri menimpa korban yang saat itu kemungkinan dalam sedang duduk atau jongkok. Barang-barang yang ditemukan di dekat truk, seperti dongkrak di atas paving dan dua ban yang terlepas memperkuat dugaan itu,” terang Maryadi. Dia menambahkan korban setelah dievakuasi langsung dilarikan ke RSUD Sukoharjo untuk divisum.

Saksi mata, Alfian Yogi Erfantoro, 22, menginformasikan truk tersebut berhenti di tepi jalan sejak sebelum Rabu (31/12) pukul 24.00 WIB.

Perawat RS Nirmala Suri itu menduga saat itu ada orang yang sedang mengganti ban truk. “Waktu itu saya mendengar suara gesekan besi. Mungkin itu suara mur yang berusaha dilepaskan korban,” kata pemuda itu.

Tetangga korban, Leo Harsono, 45, yang turut berada di lokasi mengatakan berdasar informasi dari bosnya Sunarto, sedianya Sunarto mengirim kayu ke Telukan, Grogol, Sukoharjo.

Dia tak menyangka Sunarto pergi sendirian. Padahal biasanya dia ditemani kenek.Oleh sebab itu saat mengganti ban Sunarto tidak ada yang membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya