SOLOPOS.COM - Satuan Brimob Batalion C Pelopor Solo Baru, Sukoharjo, menyalurkan bantuan air bersih di Dusun Kerok, Wonodadi, Pracimantoro, Wonogiri, Senin (4/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Bantuan air bersih untuk warga terdampak kekeringan di beberapa wilayah Wonogiri mulai mengalir dari berbagai lembaga atau instansi. Salah satunya dari Satuan Brimob Batalion C Pelopor Solo Baru, Sukoharjo yang mengirim air bersih ke warga Dusun Kerok, Desa Wonodadi, Pracimantoro, Senin (4/9/2023).

Komandan Kompi 1 C Pelopor Brimob Solo Baru, AKP Nuril As’aid, mengatakan Satuan Brimob Kompi 1 Batalion C Pelopor Solo Baru mengadakan bakti sosial dengan menyalurkan bantuan air bersih sebanyak lima tangki air ke Dusun Kerok, Wonodadi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Warga dusun itu sudah terdampak kekeringan selama beberapa pekan terakhir akibat kemarau 2023 ini. Menurut dia, Brimob Solo Baru menyalurkan air bersih ke dusun tersebut karena persediaan air di bak tampungan rumah-rumah warga sudah mengering.

Selama kemarau ini para para warga harus membeli air dalam tangki untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Brimob Solo Baru sebelumnya sudah survei ke beberapa tempat terdampak kekeringan, baik di Sukoharjo maupun Wonogiri.

“Kebetulan Dusun Kerok, Desa Wonodadi, ini mengalami kekeringan sejak awal kemarau. Selama itu pula warga dusun di sana belum mendapatkan bantuan air bersih. Makanya kami salurkan air ke sana, kemarin,” kata Nuril kepada Solopos.com, Selasa (5/9/2023).

Nuril menyebut bantuan air bersih sebanyak lima tangki atau total 30.000 liter itu dimanfaatkan 180 keluarga di Dusun Kerok. Brimob Solo Baru juga membuat penampungan air bersih terbuat dari terpal. Warga bisa mengambil air di tampungan tersebut. 

Dia menyampaikan selama terdampak kekeringan itu, warga Dusun Kerok, Wonodadi, Pracimantoro, Wonogiri, harus membeli air tangki untuk kebutuhan sehari-hari. Meski tidak terlalu banyak, bantuan air bersih itu diharapkan bisa membantu mengurangi pengeluaran warga untuk membeli air. 

“Pada Rabu [6/8/2023] kami juga akan melaksanakan bakti sosial lagi di Pracimantoro menyalurkan 10 tangki air bersih ke warga terdampak kekeringan. Kami fokuskan ke Pracimantoro dulu yang membutuhkan dan relatif mudah dijangkau,” ujar dia.

Penyaluran bantuan air bersih juga dilaksanakan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Wonogiri di Dusun Jerukwangi, Desa Sambiharjo, Paranggupito, Selasa (5/9/2023). Tagana didampingi Babinsa Desa Sambirejo mendistribusikan ai bersih sebanyak tiga tangki. 

Babinsa Desa Sambirejo Koramil 09/Giritontro Sertu Sulistyo mengatakan warga Dusun Jerukwangi sudah kesulitan mengakses air bersih sejak awal kemarau 2023 ini. Mereka harus membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya