SOLOPOS.COM - SD Warga di Jl Ir Juanda No. 72 Sudiroprajan, Jebres, Solo. (Kemdikbud)

Solopos.com, SOLO — SD Warga yang sudah ada sejak 1904 disebut-sebut sebagai SD terbaik dan terfavorit di Solo, Jawa Tengah. Sekolah yang terletak di Jl Ir Juanda No. 72 Sudiroprajan, Jebres, itu juga dikenal dengan segudang prestasinya.

Bahkan, sekolah dengan jumlah murid sekitar 400-an ini mempunyai tagline SD Warga Tiada Hari Tanpa Prestasi. Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Warga Conchita Conie Silimalar, dari Juli hingga November 2023, terdapat 50 prestasi yang diraih oleh siswa siswi SD Warga. Berbagai prestasi yang ditorehkan beraneka ragam, mulai dari nonakademik hingga akademik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dengan banyaknya prestasi yang dicapai itu, tak  terlepas dari sistem pembelajaran dan kurikulum yang digunakan oleh SD Warga Solo. Selain menggunakan Kurikulum Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), SD Warga juga memakai kurikulum dari Singapura, yakni KIQS atau Integrated Digital School System. Dengan menggunakan kurikulum tersebut, siswa-siswi SD Warga juga dikenalkan dengan bahasa Inggris dan Mandarin dalam pembelajaran.

“Kami ini SD tujuan favorit karena kami mempunyai kurikulum yang menarik, yaitu Kurikulum Singapura. Ada beberapa ekstrakurikuler juga yang notabene anak SD Warga ini memiliki prestasi luar biasa. Prestasi tidak bisa dibandingkan SD lain. Tiada hari tanpa prestasi di bidang akademik maupun akademik,” ujar Conchita kepada Solopos.com pada Selasa (7/11/2023).

Adapun ekstrakurikuler di SD Warga yang disebut-sebut SD terbaik dan favorit di Solo ini meliputi seni tari modern, seni tari daerah, seni musik jimbe, gamelan, angklung, kulintang, pianika, perkusi, seni lukis, membatik, coding class, drumband, mayoret,  bina vokalia, pantonim, basket, hingga polisi cilik.

Bukan hanya soal kurikulumnya, SD Warga ini juga memegang teguh toleransi karena menerapkan sekolah nasional yang tidak beridentitas agama. Conchita mengatakan setiap hari-hari besar keagamaan, SD Warga juga mengadakan acara. “Jadi anak-anak di sini keunggulan diajarkan untuk bertoleransi. Ada Imlek ikut semua merayakan, ada Iduladha mengirimkan hewan kurban ke masjid dan nanti akhir Desember ada Natalan,” ungkap guru yang juga menjadi wali kelas 5 SD Warga ini.

SD Terbaik di Solo: Barkarakter dan Berkualitas

SD Warga Solo juga memegang slogan yang menarik, yakni berkarakter, berkualitas, dan cakap digital. Harapannya, siswa-siswi lulusan SD Warga mempunyai tiga nilai tersebut ketika tamat di bangku sekolah dasar.

Dalam mewujudkannya, didukung dengan guru-guru dan tenaga kependidikan yang berkompeten dan terdidik dengan jumlah sekitar 40.

Untuk mendukung kegiatan siswa-siswi tersebut, SD Warga juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, mulai dari ruang kelas full AC dan multimedia, laboratorium komputer, laboratorium IPA, ruang agama, ruang UKS, ruang bimbingan dan konseling, ruang musik dan drumband, lapangan olahraga, perpustakaan, aula sekolah, tempat ibadah, kantin sehat, kamar mandi sehat, gudang sekolah, hingga free hotspot area.

Nah, bagi Anda yang berminat menyekolahkan putra-putri di sekolah terbaik dan favorit di Solo ini, SD Warga sedang membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

Untuk mengikuti PPDB SD Warga, Anda cukup melakukan pendaftaran secara online dengan biaya Rp100.000. Khusus untuk pendaftaran hingga akhir November 2023, akan mendapatkan potongan Rp1 juta.

“Sudah membuka PDPB di https://ppdb.warga.sch.id/ dan ada promo-promonya. Promo yang dari TK luar ada namanya program istimewa itu ada potongan Rp1 juta tapi terakhir di November 2023, bertepatan dengan ulang tahun. Selebihnya sudah seperti biasa dan ada kuota 42 siswa,” terang perempuan berusia 40 tahun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya