SOLOPOS.COM - Kru PMI berfoto di depan Kantor Kecamatan Wonosari, Klaten, belum lama ini. (wonosari.klaten.go.id)

Solopos.com, KLATEN — Meski berlokasi di lereng Gunung Merapi dengan posisi paling tinggi serta memiliki medan tempuh yang cukup sulit, Kemalang ternyata bukanlah kecamatan terjauh dari pusat kota Kabupaten Klaten.

Kemalang bahkan tidak masuk lima besar kecamatan dengan jarak terjauh dari pusat kota Kabupaten Bersinar. Berdasarkan data Kabupaten Klaten dalam Angka 2023 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) belum lama ini, Kemalang hanya menempati posisi ke-13 terjauh.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dari data tersebut, Kemalang yang merupakan kecamatan tertinggi di Klaten dengan ketinggian mencapai 335,33 meter di atas permukaan laut (mdpl), berjarak 9,22 kilometer (km) dari pusat kabupaten.

Jarak ke ibu kota kabupaten ini diukur tarik lurus dari ibu kota kecamatan ke ibu kota Kabupaten Klaten yang meliputi tiga wilayah kecamatan yakni Klaten Utara, Klaten Tengah, dan Klaten Selatan. Berikut data lima kecamatan terjauh dari ibu kota Kabupaten Klaten menurut data BPS:

1. Wonosari

Kecamatan Wonosari merupakan kecamatan terjauh dari pusat kota Kabupaten Bersinar dengan jarak mencapai 19,29 km. Dilihat dari peta wilayah Klaten, Wonosari berada di ujung timur laut Klaten.

Di sebelah utara dan timur, Wonosari berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, kemudian di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Juwiring dan sebelah barat dengan Kecamatan Delanggu.

Jika ditarik garis lurus dari ibu kota kabupaten, lokasi Kecamatan Wonosari melewati Kecamatan Ceper, Delanggu, dan Juwiring.

2. Juwiring

Juwiring menjadi kecamatan terjauh kedua dari pusat kota Kabupaten Klaten dengan jarak 16,06 km. Kecamatan ini berada di sebelah selatan Wonosari dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur.

Kemudian di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Karangdowo dan Kecamatan Pedan, dan sebelah barat dengan Kecamatan Delanggu. Kecamatan ini terkenal dengan kerajinan mebel dan ukiran, kemudian kain lurik dan tas serta payung kertas.

3. Karangdowo

Kecamatan terjauh berikutnya dari pusat kota Kabupaten Klaten adalah Karangdowo yang berjarak 16,03 km. Wilayah kecamatan ini berada di sebelah selatan Juwiring dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo di sisi timur.

Di sisi selatan berbatasan dengan Kecamatan Cawas sedangkan di sisi barat dengan Kecamatan Pedan. Ditarik garis lurus pada peta, Kecamatan Karadowo berada di sisi timur pusat kota kabupaten dengan melewati wilayah Kalikotes, Trucuk, dan Pedan.

4. Delanggu

Delanggu berada di posisi keempat daftar kecamatan terjauh dari pusat kota Kabupaten Klaten dengan jarak 15,99 km ke arah timur laut. Lokasinya berada di sebelah barat Kecamatan Wonosari dan Kecamatan Juwiring.

Di sebelah utara, Delanggu berbatasan dengan Kecamatan Polanharjo, kemudian di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Ceper. Meski termasuk jauh dari pusat kota kabupaten, Delanggu memiliki posisi strategi karena berada di jalur utama Solo-Jogja sehingga mengalami perkembangan ekonomi yang pesat.

5. Polanharjo

Polanharjo yang berada di sebelah barat Delanggu ternyata juga memiliki jarak cukup jauh mencapai 13,55 km dan menjadi kecamatan terjauh nomor lima dari pusat kota Kabupaten Klaten.

Wilayah ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Teras dan Kecamatan Sawit , Boyolali, di sisi utara. Kemudian di sisi timur berbatasan dengan Delanggu dan Wonosari. Di sisi selatan dan tenggara berbatasan dengan Ceper.

Lalu di sisi barat daya dengan Kecamatan Karanganom dan sisi barat dengan Kecamatan Tulung. Wilayah kecamatan ini terkenal di berbagai wilayah Tanah Air dengan adanya Umbul Ponggok serta Pemancingan Janti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya