SOLOPOS.COM - Warga Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan membanjiri taman desa saat digelar bazar UMKM, Minggu (12/6/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten kembali menggelar event bulanan, Minggu (12/6/2022) pagi. Kegiatan yang digelar di Taman Desa Plawikan tersebut untuk menggeliatkan ekonomi warga setempat.

Ada bazar UMKM yang diikuti warga dari setiap RT di Plawikan. Selain bazar UMKM, kegiatan diisi dengan senam sehat hingga pentas seni. Sedari pagi taman desa setempat dibanjiri warga dari berbagai RW.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Desa (Kades) Plawikan, Lilik Ratnawati, mengatakan kegiatan tersebut menjadi agenda bulanan di Plawikan. Namun, selama dua bulan sebelumnya tak digelar lantaran bersamaan dengan Ramadan.

“Di Juni ini kami adakan lagi dengan tema Plawikan Sehat Ekonomi Menggeliat. Kegiatannya ada senam sehat, pentas seni, serta bazar UMKM. Jadi setiap RT ada UMKM yang mewakili. Di Plawikan ada 12 RW terdiri dari 29 RT,” kata Lilik saat ditemui wartawan di sela kegiatan, Minggu.

Meski baru sekali dalam sebulan, Lilik berharap kegiatan itu bisa menjadi media hiburan bagi warga tanpa harus keluar desa setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19. Lebih dari itu, kegiatan tersebut diharapkan bisa menggeliatkan ekonomi warga setempat.

Baca Juga: Warga Satu Desa di Plawikan Klaten Olah Lahan Mangkrak Jadi Produktif

“Ternyata masyarakat saat ini butuh hiburan. Dengan kegiatan ini warga tidak harus keluar desa untuk mendapatkan hiburan dan ekonomi di desa tetap berputar,” jelas dia.

Lilik menjelaskan kegiatan itu menjadi bagian dari program ketahanan pangan desa. Kegiatan selanjutnya bakal digelar lebih meriah dengan mengundang tokoh masyarakat serta UMKM dari luar desa agar lebih beragam.

“Pada Agustus nanti rencananya mau mengadakan event pasar malam di sini,” ujar dia.

Baca Juga: Geliat UMKM Desa Plawikan Klaten lewat Bazar di Taman

Salah satu warga RT 001/RW 001, Desa Plawikan, Niken, 30, mengatakan pagi itu dia jualan bakso seafood. Acara itu menjadi media hiburan bagi Niken selain dia bisa tetap memperoleh pendapatan dari hasil jualan.

“Tentunya senang bisa jualan sambil menikmati hiburan. Bulan sebelumnya saya jualan lotek dan selalu habis. Hari ini juga hasilnya lumayan,” kata Niken.

Niken berharap kegiatan tersebut bisa digelar secara rutin setiap bulannya. Dia juga menginginkan ada bazar kuliner di tempat itu dan didatangi dari berbagai daerah guna meningkatkan perekonomian warga Plawikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya