SOLOPOS.COM - Presiden Direktur PT Indaco Warna Dunia Iwan Adranacus saat memberikan penjelasan karya lukisan yang dipamerkan di event Solo Artoz #3, Jumat (24/11/2023). (Istimewa/ Panitia Solo Artoz #3)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah sukses digelar pada 2022 lalu, event yang mengkolaborasikan beragam cabang seni budaya yakni Solo Artoz kembali dihelat.

Agenda kesenian yang memasuki tahun ketiga ini digelar di Belazo Art Space, kompleks pabrik cat PT Indaco Warna Dunia (INDACO), Desa Pulosari, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, selama tiga hari yakni Jumat-Minggu (24-26/11/2023) besok.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kali ini, Solo Artoz #3 mengusung tema kemanusiaan dengan tajuk Solo Seni Rupa Kemanusiaan. Beragam karya seni dan budaya ditampilkan dalam gelaran Solo Artoz #3.

Karya seni tersebut di antaranya puluhan lukisan karya pelukis dari berbagai daerah di Indonesia yang dipamerkan. Disusul sejumlah pertunjukan musik band, seni mural and graffiti battle, stand up comedy, model photohunt, hingga lomba custom Vespa.

Presiden Direktur INDACO, Iwan Adranacus mengatakan penyelenggaraan Solo Artoz #3 ini berbeda dengan Solo Artoz #1 dan kedua, yang digelar di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT).

Event Solo Artoz #3 digeser ke Belazo Art Space di Desa Pulosari, Kecamatan Kebakkramat, menyesuaikan situasi global saat ini.

“Solo Artoz #3 ini agak berbeda dari Solo Artoz #1 dan #2. Tahun ini lebih simpel dan sederhana sesuaikan dengan jati diri dan kondisi global,” kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (25/11/2023).

Iwan mengatakan tema Solo Seni Rupa Kemanusiaan yang diusung di event Solo Artoz #3 ini relevan dengan situasi global saat ini ketika dalam beberapa bulan terakhir, di kancah nasional maupun internasional, banyak terjadi peristiwa yang mengusik kemanusiaan, menggugah keprihatinan bersama.

Iwan berharap event Solo Artoz #3 bisa menyuarakan keprihatinan dan menyuarakan kritik-kritik sosial, melalui karya seni yang ditampilkan.

“Karya-karya yang ditampilkan menyuarakan rasa kemanusiaan, mengajak masyarakat untuk peduli, eling lan waspada, mengedepankan kesetiakawanan sosial, menjaga gotong royong,” katanya.

Iwan optimistis animo masyarakat tetap tinggi dalam ajang Solo Artoz #3 meski tidak digelar di Kota Solo. Melalui event Solo Artoz #3 di Belazo Art Space kompleks pabrik cat PT Indaco Warna Dunia (INDACO) Karanganyar ini Iwan berharap mampu membangkitkan dan mengembangkan kesenian di Soloraya.

“Dari kegiatan ini kami berharap pengunjung bisa mendapatkan edukasi tentang seni dan budaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya