SOLOPOS.COM - Tabung Gas Elpiji 3 Kg (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sejumlah warga dan pengusaha kecil di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar mulai kesulitan mendapatkan pasokan elpiji ukuran tiga kilogram.

Kelangkaan tabung gas melon itu diduga lantaran kenaikan harga elpiji ukuran 12 kilogram sehingga konsumen beralih ke elpiji 3 kg. Salah seorang warga Perumahan Krisan, Ngringo, Andy Kurniawan, 28, mengaku sejak tiga hari terakhir kesulitan mendapatkan elpiji bersubsidi itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Saya sudah berpindah-pindah agen tetapi semuanya kosong. Sudah tiga hari tidak bisa memasak dan memilih membeli makanan di warung. Terus terang jadi tambah boros,” jelas dia, saat dijumpai di rumahnya, Selasa (16/9/2014).

Senada, salah seorang pengusaha warung makan di daerah setempat, Sukadi, 50, mengaku harus memiliki stok tabung elpiji, agar usahanya tetap bisa buka. “Saya punya tiga tabung elpiji. Biasanya setiap hari membutuhkan satu hingga dua tabung. Kebetulan masih ada satu untuk buka usaha besoknya. Agar tidak kehabisan, saya titip tabung gas [ke agen],” terangnya.

Sementara, salah satu pemilik pangkalan elpiji, Sarmini, 60, mengaku stok dari PT. Patra Laras datang setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Setiap kali datang, ia dijatah sebanyak 30 tabung gas yang langsung ludes dalam tempo setengah hari.

“Tidak ada pengurangan pasokan, tapi memang banyak yang mencari,” kata warga Dusun Karangrejo RT 009/RW 005, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten itu.

Penjual elpiji lainnya, Ucik Nuryawanti, 38, mengatakan fenomena tersebut terjadi sejak tiga hari terakhir, setelah pemerintah menaikkan harga tabung gas elpiji ukuran 12 kilogram. “Banyak yang beralih ke elpiji ukuran 3 kilogram,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya